Pembangunan Pasar Ciputat Tangsel Dimulai Tahun Depan

Tangsel, PenaMerdeka – Revitalisasi pasar Ciputat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan dimulai tahun 2017. Tujuannya untuk mengubah pasar tersebut agar bisa lebih modern dan memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.

Saat ini pasar tersebut tengah dalam perbaikan pada beberapa sisi. Mulai dari pengecetan hingga pemasangan pagar.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel Rohidi beberapa waktu lalu mengatakan, revitalisasi merupakan program pemkot guna mewujudkan pasar yang lebih bersih, tertata, dan bagus. Dimana nanti pasar tradisional akan disulap untuk menjadi lebih baik.

”Untuk revitalisasi Pasar Ciputat tahun depan. Infrastrukturnya sedang kita siapkan. Mudah-mudahan bisa terlaksana,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini tahapan revitalisasi di Pasar Ciputat sudah mulai berjalan. Buktinya tahun ini telah beberapa perbaikan di sudut pasar sudah mulai dijalankan.

Apalagi Pasar Ciputat cukup besar. Dimana luas lahannya mencapai 5.670 meter persegi. Ada tiga lantai dengan total pedagang ada 1.400. Jumlah itu sudah termasuk di dalam dan luar pasar.

Nanti juga bakal ada perbaikan dengan membangun dua lift di pasar tersebut. Harapannya penataan bisa lebih baik lagi. Jangan sampai tahapan perbaikan yang kini sudah berjalan malah tidak bagus.

”Kita ingin agar persoalan pasar ini bisa terselesaikan dengan bagus. Tujuannya agar revitalisasi berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Kasie Pengelolaan Informasi dan Analisa Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Edwin Qodriyanto mengatakan, dalam pemeliharaan Pasar Ciputat disiapkan Rp2 miliar. Uang tersebut digunakan buat perbaikan pasar, dan lain sebagainya.

”Kami bertugas mengatur semua para pedagang ketika nanti ada pembangunan pasar. Sistemnya dipindahkan sebagian secara bertahap agar mereka tetap berjualan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, soal jumlah pedagang yang cukup banyak. Ini harus ditata dengan baik supaya tetap menjaga keindahan lingkungan pasar dan ketertiban.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tata Kota Bangunan dan Permukiman (DTKBP) Kota Tangsel, Dendy Priandana menegaskan, proses pembuatan siteplane Pasar Ciputat sudah selesai digarap. Pembangunan akan dimulai pada tahun depan dan diperkirakan rampung di 2018.

”Saat ini pedagang harus ditata terlebih dahulu, supaya tidak mengganggu pengguna jalan. Pada tahun depan dipastikan pembangunannya dimulai,” ujarnya. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang