Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Hak Suara Pilgub Banten Banyak Hilang, LBH Rakyat Banten Anggap KPU Lalai

0 97

SERANG,PenaMerdeka – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Rakyat Banten mengungkapkan rasa kecewanya terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten. Pasalnya penyelenggara pemilu itu dianggap lalai, menyusul di Pilgub Banten hampir 88.599 hak suara dinyatakan hilang.

Direktur Eksekutif LBH Rakyat Banten, Raden Elang Yayan mengatakan bahwa penyelenggara pemilu belum malakukan hal yang sangat substansi dimana data DPT Pilpres 2014 pemilih di Banten sebanyak 7.985.599, sedangkan DPT Pilgub Banten 2017 sebanyak 7.734.485 pemilih. Penurunan DPT pemilih sebanyak 251.114 pemilih atau 3,14%.

“Hal yang paling substansi menghilangkan hak suara masyarakat Banten, dimana dari hasil riset yang kami lakukan ada perbedaan validasi DPT pemilih Pilkada Banten 2017 mengalami pengurangan yang signifikan sekitar 3,14% jauh berbanding terbalik jika dibandingkan dengan DPT Pilpres 2014 lalu,” kata Yayan saat melakuka dialog publik dengan KPU Banten bertema “Hilangnya Hak Suara Rakyat dalam Pilkada 2017” di aula Cordova Institute, Pakupatan Serang, Sabtu, (27/1/2017).

Lanjut Yayan, tidak hanya itu KPU Banten dianggap terlambat dalam mendistribusikan buku panduan PPDP, Formulir Model A.A-KWK dan Formulir model A.A.1-KWK mengalami keterlambatan.

“Ini disinyalir ada unsur kesengajaan dari penyelenggara pemilu, ini dapat dilihat dari pengumuman lelang tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ada,” tukasnya.

Agus Supriatna, Ketua KPU Banten, mengakui bahwa itu adalah sebuah kelalaian dalam administrasi. Menurutnya angka hak suara yang hilang dalam Pilgub Banten muncul lantaran calon pemilih tidak terekam dalam DPT alias tidak memiliki E-KTP sebagai prasyarat menjadi pemilih.

“Kita akui ini sebuah kelalaian dalam adimistrasi. Namun, masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih tetap tersebut masih bisa menggunakan hak suaranya dengan membawa surat keterangan dari Disdukcapil setempat,” kata Agus.

Data yang dirilis KPU Banten ada 88.599 hak suara orang yang berpotensi tidak bisa menggunakan hak pilihnya dan tersebar ditujuh Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, Kota Cilegon sebanyak 1.198 orang, Kota Serang sebanyak 120 orang, Kota Tangerang sebanyak 512 orang, Kota Tangerang Selatan sebanyak 8.108 orang, Kabupaten Pandeglang sebanyak 29.635 orang, Kabupaten Serang sebanyak 1.674 orang dan Kabupaten Tangerang sebanyak 47.352 orang. (afed)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...