Sampai 4 Februari Banten Diguyur Intensitas Hujan Lebat Disertai Petir

BANTEN.PenaMerdeka – Sampai 4 Februari 2017 mendatang masyarakat sebagian besar Indonesia harus siap dan rela dengan kondisi intensitas hujan rendah hingga tinggi.

Dan wilayah Provinsi Banten menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) termasuk wilayah yang akan mendapat curah hujan lebat.

Disebutkan oleh BMKG bahwa diperkirakan pada periode 30 Januari – 4 Februari 2017 wilayah Lampung bagian selatan, Banten, Jawa Barat bagian Selatan, Jawa Tengah dan Timur bagian Selatan, Bali, NTB dan NTT, Sulawesi Selatan dan Barat merupakan wilayah yang berpotensi terjadi intensitas hujan tinggi,” ujar Kasubid Informasi BMKG Harry Tirto saat dikonfirmasi, Senin (30/1).

Menurut Harry, saat ini terjadi aktivitas monsun Asia dan interaksinya dengan gelombang tropis serta kondisi sirkulasi angin di Indonesia bisa mendukung pembentukan awan hujan. Kondisi ini terjadi terutama di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

Namun demikian untuk intensitas hujan sangat tinggi atau lebat bukan terjadi di Banten saja, ada banyak kota besar di Indonesia yang mengalami hal serupa.

Selain itu ada pula daerah yang berpotensi hujan disertai petir dan kilat yakni; Aceh, Kep. Riau, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, Sulawesi Tengah, Gorontalo.

“Jadi masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati terkait indikasi potensi pembentukan dan pertumbuhan awan intensitas hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi,” imbuh Harry. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan