Pemandian Sumber Maron Jadi Destinasi Wisata Mandiri di Kabupaten Malang

MALANG, PenaMerdeka – Pemandian Sumber Maron wisata mandiri yang terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang yang mengandalkan kejernihan sumber air serta pemandangan perdesaan yang sempat menimbulkan kontroversi antara masyarakat dengan Pemerintah Desa itu. Kini siap menjadi destinasi wisata baru. Jumat (03/03).

Dengan mengangkat konsep proporsional dan professional yang bertujuan untuk memakmurkan perekonomian warga setempat serta untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD), pengelolaan wisata Pemandian Sumber Maron akhirnya bernaung dalam badan usaha milik desa (BUMDesa).

“Sampai saat ini semua persyaratan sudah selesai. Tinggal melakukan penyempurnaan peratuaran desa (Perdes), ini merupakan jalan yang terbaik untuk mengelola wisata Sumber Maron,” ujar Rusman, Kepala Desa Karangsuko beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, dalam pembentukan badan usaha milik desa (BUMDesa) ini. Pihaknya telah menggandeng Pemerintah Kecamatan Pagelaran, konsultan dari Universitas Brawijaya dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang dalam hal teknis regulasinya serta pengembangan wisata.

“Supaya keterlibatan konsultan itu agar dapat wisata Sumbermaron yang direncanakan menjadi bagian destinasi wisata baru di Kabupaten Malang, benar layak untuk dikunjungi dan untuk dapat memberikan nilai kepuasan bagi siapapun pengunjung yang datang,” paparnya.

Sementara itu, Ichwanul Muslimin Camat Pagelaran menerangkan, pihaknya telah memiliki rencana dalam pengembangan destinasi wisata pemandian Sumber Maron yang bukan hanya sekedar menjual pemandangan alam semata saja. Namun, nantinya juga bakal ada konsep sebagai wisata edukasi anak-anak, wisata arung jeram dan tracking area.

“Kami sudah melakukan uji coba beberapa konsep dan dianalisi oleh tim konsultan dari Universitas Brawijaya. Seperti, arung jeram. Ternyata stelah dialakukan ujicoba sangat menantang,” ujarnya.

Program ini rencananya bakal dimulai pada triwulan ketiga 2017. Namun, sambil berjalan Pemerintah Kecamatan Pagelaran dengan Pemerintah Desa akan menguatkan kesadaran wisata warga setempat lebih dulu.

“Edukasi kesadaran warga untuk berwisata terlebih dahulu, agar ketika wisata pemandian Sumber Maron di launching menjadi suatu destinasi wisata yang baru di Kabupaten Malang,” tandasnya. (herman/dbs).
sumber image : Malang-Guidance

Click To Comments