KH Hasyim Muzadi Mantan Ketua Umum PBNU Tutup Usia

PenaMerdeka – KH Hasyim Muzadi (72) tutup usia pada Kamis, 16 Maret 2017 pukul 6.15 WIB pagi. Mantan Ketua Umum PBNU ini meninggal dunia di Malang, Jawa Timur. Rencananya jenazah akan diterbangkan dari Malang usai salat dzuhur. Almarhum akan dimakamkan di Pesantren Al-Hikam 2, Depok, Jawa Barat.

Sempat dirawat di Rumah Sakit Lavalette, mengenai penyebab kesehatan KH Hasyim Muzadi menurun, pihak keluarga maupun tim dokter masih enggan untuk menjelaskan. Namun demikian, dr Hariadi mengatakan jika Kiai asal Tuban itu mengalami sedikit infeksi.

“Memang ada sedikit infeksi. Beliau batuk dan tak bisa mengeluarkan dahak, jadi sesak nafas dan diberi bantuan oksigen,” katanya.

Kabar duka wafatnya Anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi disampaikan melalui pesan berantai oleh sejumlah tokoh Nasional dan NU pada akun twitter mereka seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

“Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-faatihah..,” tulis Lukman di akun Twitternya, Kamis (16/3/2017).

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus menyampaikan ucapan dukacita atas wafatnya KH Hasyim Muzadi.

“Innã liLlãhi wainnã ilaiHi rãji’űn. Kita kehilangan lagi seorang tokoh, mantan Ketum PBNU, KH. Hasyim Muzadi. Semoga husnul Khãtimah,” tulis Gus Mus di akun Twitternya.

Sementara itu dikabarkan, Wapres Jusuf Kalla yang akan memimpin upacara pemakaman almarhum KH Hasyim Muzadi di Depok, Jawa Barat.

Kiai Hasyim Muzadi, lahir di Bangilan, Tuban pada 8 Agustus 1944 merupakan tokoh Islam Indonesia. Ia pernah menjabat ketua umum Nahdlatul Ulama 1999–2010 menggantikan posisi Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (penamas/dbs)

Click To Comments