115 Pekerja Asing PT Freeport Kembali ke Negara Asal

TIMIKA,PenaMerdeka – Sebanyak 115 pekerja asing PT Freeport Indonesia dan perusahaan-perusahaan subkontraktornya telah meninggalkan Timika, Indonesia demikian dikatakan dari Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura Timika melaporkan hingga Sabtu (18/3).

Adanya ratusan Warga Negara Asing (WNA) yang kembali ke Negara asalnya artinya sudah tercatat mengalami pengurangan pekerja asing yang berdomisili sementara di Timika.

“Ratusan pekerja asing PT Freeport yang eksodus meninggalkan kawasan Papua tersebut kebanyakan merupakan warga berkenegaraan Australia dan Amerika Serikat. Sebagian besar dari mereka semula bekerja di PT Freeport Indonesia, PT Redpath, PT RUC, dan PT JDA,” kata Kepala Seksi Sarana Komunikasi Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Tembagapura Dede Sulaiman di Timika, seperti dikutip Antara.

Selain kepulangan mereka untuk tidak kembali ke Timika bekerja di Frepoort tetapi disebutkannya ada sejumlah pekerja yang nanti akan kembali lagi ke Timika lantaran merkeka hanya cuti.

“Mereka yang mengambil hak cutinya pulang ke negara asalnya kemudian akan kembali lagi ke Timika karena masih dibutuhkan manajemen untuk bekerja,” kata Dede.

Maka itu kata Dede pihaknya menyarankan kepada PT Freeport supaya selalu memberikan laporan jumlah karyawan asinngnya. Apakah pekerja asing PT Freeport ada yang kembali masuk atau keluar sebagai pekerja.

“Posisi jumlah tenaga kerja asing yang dipulangkan masih sama dengan pekan lalu. Pekan ini tidak ada penambahan data jumlah tenaga kerja asing yang dipulangkan. Apalagi sekarang ini sedang ada pengurangan karyawan Freeport,” jelas Dede.

Hingga kini, tercatat masih sekitar 700 pekerja asing PT Freeport yang bekerja di Mimika. Sebagian besar di antara mereka adalah pekerja di perusahaan-perusahaan subkontraktor PT Freeport. (deden/dbs)

Click To Comments