Pemkot Tangerang Percepat Penanganan Banjir Kawasan Total Persada

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka- Penanganan banjir di wilayah perumahan Total Persada, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk akan dikebut oleh Pemerintah Kota Tangerang. Karena bukan hanya merepotkan aktifitas warga saja tetapi akses ekonomi juga tersendat.

Pasalnya karena setiap air kali Cirarap dan Ledug meluap memutus akses pengguna jalan. Maka itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang membuat program folder diantaranya membangun turap disekeliling perumahan Total Persada yang memang posisinya berdekatan dengan kali Ledug dan Cirarap.

“Akan dibangun pintu air dan dua rumah pompa untuk menyedot air dari pemukiman warga. Dan dananya diambil dari APBD murni tahun 2017 sebesar RP 1, 4 miliar,” ujar Taufik Syazaeni, Kepala Bidang (Kabid) Tata Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang , kepada PenaMerdeka.com beberapa waktu lalu.

Sebenarnya Pemkot Tangerang untuk penagangan banjir dari luapan di kali Ledug dan Cirarap juga telah mendanai proyek tersebut dalam angggaran multiyears senilai RP 30,9 milyar. Dan saat ini kegiatan proyeknya sudah berjalan.

Menurutnya karena di kali Ledug belum memiliki long storit atau saluran retensi maka program penanggulangan banjir tersebut direalisasi oleh Dinas PU dan Bina Marga Kota Tangerang.

“Fungsinya sebagai tempat parkir air dan nantinya akan menggunakan kali Ledug itu sendiri, saluran retensi tersebut memiliki fungsi yaitu air yang ada di kali Ledug di tahan kemudian dialirkan melalui pompa ke kali Cirarap,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, sesuai arahan dari Walikota Tangerang dalam penanganan banjir di wilayah perumahan Total Persada selain pembangunan turap serta penambahan pompa, tapi juga harus dibuatkan tandon air yang berukuran besar.

Dalam hal ini pihaknya juga sudah berkordinasi dengan kecamatan setempat untuk menfasilitasi pemilik tanah yang lahannya bakal dibangun tandon.

“Beberapa waktu lalu kami dari Dinas sudah berkordinasi dengan dengan pemilik lahan yang berdekatan dengan kali Ledug supaya segera dibebaskan,” jelasnya.

Dalam penanganan banjir di Wilayah Perumahan Total Persada Taufik mengaku pembangunan infrastrukturnya memakan anggaran yang cukup besar. Maka proses pengerjaannya dilaksanakan secara bertahap.

Selain pembuatan tanggul, penambahan rumah pompa serta pembangunan tandon namun yang menjadi kunci utama penanganan banjir adalah normalisasi kali Cirarab. Proses normalisasi disebutkannya bukan hanya di kali saja, tetapi pihak Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Tangerang sudah mendorong normalisasi Situ Bulakan yang sudah mulai dangkal.

“Kami juga sudah membuat surat permohonan pada Pemerintah Pusat untuk normalisasi Situ Bulakan yang juga merupakan salah satu lokasi parkir air yang kondisinya saat ini sudah mulai dangkal,” pungkasnya.

Terkait dengan proses normalisasi pada tahun lalu bahkan dari pihak TNI ikut membantu penormalisasian kali Cirarab dan rencananya bahkan pada tahun 2017 ini BPBD Provinsi Banten juga akan membantu proses nomalisasi kali tersebut. (advertorial).

Disarankan
Click To Comments