UNBK SMK Negeri Kota Tangerang Mengacu Standar Kompetensi Lulusan

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Sejumlah sekolah tingkat SMK, pada Senin (3/4) kemarin, melaksanakan Ujian Nasional (UN) serentak. UN merupakan salah satu pengukuran capaian kompentisi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu Standar Kompetensi Lulusan.

Pelaksanaan UN di 2017 ini, dilakukan dengan menggunakan 2 mode. Diantaranya Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Seperti di SMK Negeri 3 Kota Tangerang, sebanyak 352 siswa-siswi mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Kepala SMK Negeri 3 Tangerang, Endah Resmiati menjelaskan, sekolahnya sudah melaksanakan UNBK sejak 2015 lalu.

“Ini tahun ke tiga kami melaksanakan UNBK,” kata Endah saat di temui sejumlah wartawan di kantornya, Jalan Moch. Yamin, Babakan, Kota Tangerang, Senin (3/4).

Menurutnya, pelaksanaan UNBK kali ini disiapkan 120 komputer. Disediakan pula 20 komputer cadangan yang ditempatkan pada empat ruang laboratorium komputer dan mengunakan standar kompetensi lulusan.

“Kami bagi tiga sesi setiap harinya, setiap kelas diisi 30 peserta dengan 35 komputer,” jelasnya.

Pelaksanaan UNBK di hari pertama, siswa mengerjakan ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia. Nantinya, siswa masih harus mengerjakan Bahasa Ingris, Matematika, dan teori kejuruan.

“Ada lima jurusan di kami, Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan, Akomodasi dan Perhotelan, serta Teknik Komputer dan Jaringan,” paparnya.

Endah mengatakan, berdasarkan pengalaman dua kali menggelar UNBK, kendala teknis biasanya terjadi saat ujian Matematika.

“Jaringan menjadi lambat, karena secara bersamaan di seluruh Indonesia pada mata pelajaran Matematika, siswa membuka gambar, di situ yang terjadi masalah pada tahun sebelumnya,” tukasnya.

Di Kota Tangerang, lanjutnya, hanya beberapa SMK saja yang menggelar UNBK. Masih ada sejumlah sekolah yang melaksanakan ujian dengan menggunakan naskah soal dan lembar jawaban berbasis kertas dan menggunakan pensil.

“Ujian Nasional untuk SMK yang berbasis standar kompetensi lulusan digelar terlebih dahulu, yakni pada tanggal 3 sampai 6 April 2017. Susulannya pada 18-19 April 2017,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N 1 KotaTangerang, Tatang menuturkan sebanyak 81 sekolah tingkat SMA yang menjalani UNBK. Tatang menjelaskan hingga saat ini untuk pelaksanaan UNBK tak ada kendala yang berarti.

“Kalau SMA itu ujiannya tanggal 10 sampai 13 April. Aman semuanya tidak ada masalah,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mengantisipasi terkait peralatan komputer, jaringan dan listrik apabila mengalami problem.

Hal senada juga disampaikan Kepala SMAN 8 Kota Tangerang, Arsil. “100 persen kami siap tempur, tidak ada halangan. Ini UNBK tahun ke- 3 di SMA 8 ini,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman mengutarakan, untuk UN tingkat SMK dan sederajat di Tangerang dengan standar kompetensi lulusan sudah disiapkan langsung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

“Kalau Kota Tangerang ini sudah lepas urusan SMA dan SMK, yang menangani semuanya langsung di tingkat Provinsi,” tukasnya. (aceng)

Disarankan
Click To Comments