Dapat Investasi Kecil Ketimbang China, Ini Kekecewaan Jokowi ke Raja Salman

CIREBON, PenaMerdeka – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membeberkan sedikit ungkapan kekecewaanya terhadap Raja Salman Bin Abdulaziz al-Saud di hadapan kiai dan ribuan santri pada saat hadir dalam kegiatan Haul Al-Marhumin, Pondok Buntet Pesantren, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Kamis (13/04).

Orang nomer satu di Indonesia itu mengungkapkan sedikit kekecewaanya itu disebabkan karena besaran investasi yang digelontorkan Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia jauh lebih kecil dibandingkan investasi yang dikucurkan Pemerintah Arab Saudi kepada Cina.

“Saya sedikit agak kecewa sama Raja Salman,’’ ungkapnya.

Kata Jokowi, meski angka investasi yang diberikan Arab Saudi untuk Indonesia yang mencapai sebesar Rp 89 triliun namun, Presiden Jokowi terkejut karena ternyata investasi yang ditanamkan Pemerintah Arab Saudi untuk China mencapai Rp 870 triliun. Jika di kalkulasi jauh lebih China ketimbang Indonesia.

Padahal, persiapan penyambutan ke Raja Salman kata Jokowi mengaku sudah sangat rapih bahkan ketika hujan deras mengguyur Istana Bogor, ia langsung memayunginya. Jokowi juga menyetiri sendiri mobil golf yang membawa orang penting di jazirah arab tersebut berkeliling di Istana Bogor.

“Padahal saya sudah mayungi waktu hujan. tapi dapatnya (investasi) lebih kecil,’’ ungkap Jokowi sambil tersenyum.

Meski investasi yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi terhadap Indonesia lebih kecil dari pada China, Jokowi mengaku bakal mengupayakan agar Indonesia dapat memperoleh investasi yang lebih besar dari Arab Saudi. (uki/dbs)

Disarankan
Click To Comments