255 siswa SMPN 9 Kota Tangerang ikut Pelaksanaan USBN

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Sebanyak 255 siswa SMP Negeri 9 Kota Tangerang melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Pelaksanaan USBN ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dengan mata pelajaran yang diujikan yakni Pendidikan Agama, PKN, dan IPS.

Kepala SMP Negeri 9 Kota Tangerang, Dra. Widiyana Ramayanti. M.Pd, menjelaskan, sekolahnya siap melaksanakan ujian ini. Dirinya bahkan telah melakukan persiapan sejak jauh hari.

“Kami sudah melakukan persiapan sejak November Akhir tahun kemarin. Kami juga sudah sosialisasi kepada orangtua siswa perihal pelaksanaan USBN ini,” ujarnya, Senin (17/4).

Dirinya menuturkan, USBN tidak jauh berbeda dengan Ujian Sekolah. Hanya saja, soal yang diujikan merupakan gabungan dari Pemerintah Pusat.

“Soalnya merupakan gabungan dari Pemeirntah Pusat dan Daerah. Kalau Ujian Sekolah biasanya kan soal hanya dari Pemerintah Kota saja,” ujarnya.

Widiyana juga mengungkapkan sudah melakukan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan pada Mei 2017 mendatang.

“Kami juga sudah sosialisasikan kepada orangtua siswa untuk pelaksanaan UNBK yang tahun ini pertama kalinya, tujuannya agar orangtua juga ikut memonitor anaknya agar tidak ada kendala, terutama perihal menjaga kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu,Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin berharap agar USBN bisa berjalan khidmat seperti Ujian Nasional

Ia menjelaskan, sebelumnya USBN hanya pelengkap. Namun, setelah ada peraturan dari Menteri Pendidikan bahwa UN bukan penentu kelulusan, pelaksanaan USBN jadi jauh berbeda.

“USBN merupakan salah satu faktor kelulusan siswa. Sebab, soal yang diujikan dibuat oleh Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Tangerang,” ucapnya.

Sebanyak 20 persen soal dibuat oleh Kementrian Pendidikan. Sedangkan 80 persennya dibuat MGMP Kota Tangerang.

“Kami berharap pelaksanaan ini bisa berjalan lancar, karena sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Jamaluddin.

Pantauan di lokasi pelaksanaan USBN para siswa terlihat antusias mengisi soal satu persatu. Bahkan, seluruh siswa terlihat tenang dan khusuk dalam mengerjakannya.(chenk)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan