HGN ads Bekasi

Tandon Ciater Serpong Bakal Jadi Tempat Wisata Budaya Tangerang Selatan

0 468

TANGERANG SELATAN, PenaMerdeka – Kawasan wisata danau buatan Tandon  Ciater Serpong yang lokasinya terletak di Kelurahan Ciater, Serpong, Tangsel butuh pengelolaan secara lebih terpadu dengan kegiatan seni maupun budaya.

Hal itu dikatakan Uten Sutendy, Presiden Tangsel Club, lantaran dari hari ke hari semakin banyak masyarakat datang berkunjung ke Tandon Ciater ini. Termasuk kalangan komunitas untuk menggelar berbagai kegiatan di rumah adat Blandongan.

“Namun, sangat disayangkan bila pengunjung di sana hanya melihat tandon air dan gedung Blandongan. Area itu harus dikelola secara terpadu dengan sejumlah kegiatan budaya dan seni yang terjadwal,” ujar Uten, Senin, (17/4).

Secara pribadi maupun pimpinan Tangsel Club, menurut Uten, perhimpunan masyarakat Tangsel dari berbagai profesi telah menyampaikan kepada Pemkot untuk kemajuan Kota Tangerang Selatan terkait pengelolaan Tandon Ciater Serpong.

Danau buatan seluas 6 ha yang dilengkapi dengan jogging track, rumah adat Blandongan, tempat ibadah dan area perkemahan, ramai pengunjung khususnya pada akhir pekan atau hari libur.

Area Tandon Ciater, lanjut Uten sangat strategis dan memiliki prospek bagus untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata alam dan seni budaya dan dapat menarik banyak pengunjung.

Uten Sutendi juga menambahkan, ada dua fokus yang harus dilakukan dalam pengelolaan Tandon Ciater Serpong, Pertama adalah gedung Belandongan supaya bisa berfungsi sebagai gedung heritage Tangsel dengan tetap memperhatikan fungsi dan ciri khasnya.

Sedangkan yang kedua ialah keseluruhan dari area Tandon Ciater menjadi pusat wisata seni budaya dengan membangun sejumlah miniatur rumah adat bernuansa etnik, seperti rumah adat Sunda, rumah Betawi atau rumah khas etnis Cina.

“Nantinya rumah adat itu lengkap dengan segala unsur adat dan seni budaya, yang merupakan arus besar budaya di Tangerang Selatan,” pungkasnya. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE