Gubernur Nilai MTQ XIV Banten Mirip Pertarungan Sepakbola Profesional

BANTEN,PenaMerdeka – Gubernur Provinsi Banten terpilih hasil Pilkada 2017 rupanya geram melihat pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Banten yang berlangsung saat ini. Pasalnya menurut Wahidin Halim kegiatan MTQ XIV Banten terkesan elitis tidak melibatkan umat.

“Yaa, MTQ sepertinya hanya milik elite. Milik sekelompok orang. Bukan milik umat dan bukan milik rakyat Banten,” ujarnya, Selasa (19/4).

Pelaksanaan MTQ ke XIV yang menelan anggaran Rp. 7,9 miliar itu kata Wahidin Halim ada keganjilan. “MTQ dilaksanakan di Hotel Marbella, hotel kelas menengah yang tergolong mewah. Yang hadir pun para pejabat dan peserta,” ucap mantan Walikota Tangerang ini menegaskan.

Ia mengatakan MTQ XIV Banten hanyalah kegiatan yang bersifat seremoni lantaran identik lahiriah cenderung jauh dari ruhaniyah. Hal lain yang disorot WH tentang kegiatan tersebut yakni dilaksanakan bagaikan pertandingan sepak bola professional saja.

“Ini seperti pertandingan di antara mereka, para penguasa kabupaten atau kota, demi sebuah prestise. Peserta diadu bak pemain sepakbola profesional,” ungkap Wahidin.

Bukan tanpa sebab kata pria yang kerap disapa WH, karena dalam pelaksanaan MTQ XIV Banten kali ini mungkin saja ada peserta yang dibayar, diambil dari berbagai daerah alias cabutan. “Alquran jangan dinistakan dan bukan didagangkan,” ucapnya.

Begitu juga juri atau hakim, kata Wahidin, dilatih dan mendapatkan sertifikat seperti pelatih sepakbola. “Bahkan mirip karena sama-sama gampang disuap,” ujarnya.

Diketahui, MTQ Banten XIV diikuti 446 peserta dari 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten. Acara pembukaan dihadiri perwakilan Kedutaan Besar Arab Saudi Sa’ad Husein An-Nawasi, Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya, dan perwakilan kabupaten atau kota lainnya.

Ketua Panitia yang juga Kepala Biro Kesra Setda Pemprov Banten Irvan Santoso mengatakan, secara pendanaan dalam even ini pihaknya tidak mengalami kesulitan.

“Untuk pendanaan MTQ XIV Banten Rp 7,9 miliar dengan sumber dana terbagi dua yakni hibah LPTQ sebesar Rp 5,9 miliar dan bantuan keuangan untuk Pemkab Serang sebagai penyelenggara sebesar Rp 2 miliar,” kata Irvan.

Sementara itu, acara yang dilaksanakan dari Senin (17/4/2017) hingga (21/4/2017) tersebut memperlombakan sebanyak 8 kriteria perlombaan, yakni bidang tilawatil Quran, tahfidz Quran, tafsir Quran, seni menulis Alquran (Khot Alquran). Syahril Quran, cerdas cermat isi kandungan Alquran, Qiroatul Kutub dan menulis makalah Alquran. (RA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan