Permudah Akses Data Pilkada, KPU Kota Tangerang Luncurkan TPS Online

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Divisi Program Data dan Informasi KPU Kota Tangerang dalam pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang 2018 meluncurkan program Tempat Pemungutan Suara (TPS) berbasis online. TPS online bisa mengintegrasikan sistim data pemilih (Sindalih) Kota Tangerang.

Ahmad Syailendra Komisioner Bidang Divisi Program Data dan Informasi KPU Kota Tangerang TPS berbasis online tetapi ia juga menyebutkan dari program tersebut masyarakat dapat melihat dan mengunduh informasi jumlah pemilih secara langsung.

Dalam program TPS Online ada keterbukaan lantaran masyarakat nantinya bisa melihat secara langsung jumlah daftar pemilih baik laki-laki maupun perempuan di setiap TPS.

“Semangatnya kan supaya masyarakat bisa aktif berpartisipasi dan di TPS ini masyarakat bisa melihat langsung kira-kira siapa namanya, sesuai dengan wilayahnya. Sehingga partisipasi pemilih bisa meningkat,” ungkapnya.

Lanjut Syailendra, selain konsentrasi di TPS online ia juga mengklaim bahwa KPU Kota Tangerang juga fokus di SMS Gateway. “Misalnya tahapan pemutakhiran data setiap kali ada tahapan kita informasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tambahnya, KPU Kota Tangerang juga akan mensosialisasikan Pilkada Kota Tangerang ini melalui selebaran, pamflet dan leaflet.

“Kita akan mencetak dan menyebarkan sesuai dengan jumlah Kartu Keluarga yang berada di Kota Tangerang. Dan tentunya KPU pada saat mengeluarkan program baru akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Banten,” ucapnya.

Terkait dengan jumlah pemilih dalam Pilkada Kota Tangerang nanti kata Syailendra dimungkinkan ada penambahan daftar pemilih. Karena pemilih pemula yang tadinya tidak terdaftar dalam Pilkada ini karena usianya bertambah sudah berhak menggunakan hak suaranya.

“Dari daftar pemilih di Pilgub Banten lalu untuk Pilkada Kota Tangerang kemungkinan ada penambahan sekitar 10 %. Bisa saja dari pemilih pemula dan pemilih pindahan, datanya masih bergerak. Maka itu informasi TPS online bisa menjadi acuan masyarakat,” ucapnya.

Seperti diketahui, di Kota Tangerang dengan 13 kecamatan, 104 kelurahan dalam Pilgub Banten 2.468 TPS. Jumlah Pemilih 1.127.917 orang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 567.445 & pemilih perempuan 560.469. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan