HGN ads Bekasi

Ribuan Masyarakat Baduy Ikuti Ritual Tradisi Seba Ke Abah Gede

0 419

BANTEN, PenaMerdeka – Setelah menempuh perjalanan panjang, ribuan mayarakat baik dari Baduy Dalam dan Baduy luar bertandang ke pendopo Gubernur Banten di Jl Brigjen KH. Samun, Kota Serang. Ini merupakan bagian dari melakukan Tradisi Seba ke Bapak Gede (gubernur) sebagai tradisi yang dilakukan secara turun-temurun.

Sekira 1658 dari suku Baduy Dalam dan Baduy Luar duduk bersila di Pendopo untuk menghadap Bapak Gede. Suasana khidmat sangat terasa saat mereka mendengarkan para tetua adat suku Baduy menyampaikan maksud Seba.

Pertemuan antara masyarakat adat dengan gubernur atau dikenal dengan Bapak Gede dalam tradisi seba itu dibuka dengan pembacaan mantra Sunda. Mewakili warga baduy adalah Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra ditunjuk sebagai pemimpin tertinggi suku Baduy (Puun) dalam rombongan seba kali ini.

Setelah saling mengucapkan selamat datang, Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra sebagai perwakilan, menuturkan maksud permintaan suku Baduy kepada perwakilan Pemrov Banten yang menerima kunjungan warga Baduy.

“Mohon dilongok anu kuterkait, sakitu khususna di Provinsi Banten. Atanapi dilestarikeun adat jeung budayana (mohon diperhatikan oleh Provinsi Banten. Juga dilestarikan adat dan budayanya),” tutur Jaro Tanggungan 12 Saidi Putra di hadapan semua perwakilan pemerintah provinsi Banten, Sabtu (29/4).

Dalam acara kali ini masyarakat Suku Baduy berpesan agar pemerintah daerah menjaga dan memperhatikan alam disekitar. Terutama ditataran tanah Banten yang terdapat Gunung Karang, Pulosari, Panaitan, Ujung Kulon dan sebagainya.

Tradisi Seba Baduy hanya ada di Banten, tak hanya mengambil pelajaran dari kearifan lokal suku Baduy saja. Namun juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Banten.

Berbeda dengan sebelumnya, seba tahun ini, termasuk kategori Seba Gede (Seba Besar). Sebagai pembeda antara  tradisi Seba Alit (Seba Kecil) dengan Seba Gede (Seba Besar) adalah barang-barang yang dibawa oleh masyarakat Baduy lebih beragam termasuk hasil kerajinan Masyarakat Kanekes. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE