Deadline Pembangunan Asrama Haji Banten Oktober 2017

BANTEN,PenaMerdeka – Pemerintah pusat mendorong kepada Kanwil Kemenag Provinsi Banten supaya membangun fasilitas asrama haji di kota kabupaten yang ada di Banten. Kemenag Kota Tangerang mendapat kepercayaan, namun pemerintah pusat memberikan deadline kesiapan pembangunan asrama haji Banten hingga Oktober 2017.

Menurut Dedi Mahfudin Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang, bahwa pembangunan asrama haji untuk provinsi Banten bisa saja dilakukan di kota berjuluk Ahlakul Karimah karena dalam ketentuan ketika sudah ada asrama maka jamaah bisa menginap di sini saja untuk diberikan bimbingan dan keperluan haji lainnya ketimbang harus ke Embarkasi Pondok Gede, Jakarta.

“Untuk proses pembangunannya, dana APBN dari pemerintah pusat melalui Bappenas untuk Kementrian Agama (Kemenag) RI sudah siap digelontorkan,” ucap Dedi kepada PenaMerdeka.com saat ditemui di kantornya di Jalan Perintis, Cikokol, Kota Tangerang, Senin (8/5).

Anggaran pembangunan yang akan diturunkan dari pusat itu sekitar Rp 129 miliar. Tetapi terkait dengan lahan menurutnya jika Pemkot Tangerang mempunyai asset maka setelah dihibahkan ke Kemenag maka akan siap dibangun.

“Kami pernah melakukan komunikasi dengan Pemkot Tangerang soal lahan untuk pembangunan asrama haji Banten. Diinformasikan saat itu ada lahan fasos fasum dari pengembang Alam Sutera dengan luas 5 hektar. Jadi informasinya total 10 hektar itu dibagi 2. Yakni untuk asrama haji 5 hektar dan pembangunan sport center seluas 5 hektar juga,” ujarnya menuturkan.

Kemenag sangat mendorong supaya asrama itu ada di Kota Tangerang, banyak keuntungan bagi warga Banten jika akan di bangun di kawasan Alam Sutera selain bisa menghasilkan PAD tetapi dengan adanya kampung haji yang sempat diwacanakan Walikota masyarakat setempat bisa memperoleh pendapatan dari berjualan kurma, asesories haji serta atribut lainnya.

“Sangat disayangkan kalau Pemkot tidak mengambil kesempatan ini. Yang penting lahan itu setelah menjadi asset Pemkot diberikan ke Kemenag, maka kita sudah siap mengajukan proposal pembangunan asrama haji Banten,” ucap Dedi.

Karena sinyal positif itu juga sudah ditangkap oleh Pemkot Serang. Apalagi mereka juga kabarnya sudah menyiapkan lahan seluar 6 hektar.

“Kemenag tidak mempunyai kepentingan lain, kita juga dulu pernah diinformasikan akan diundang rapat oleh Asda II Kota Tangerang soal rencana pembangunan asrama haji ini, tetapi mendadak dibatalkan. Padahal desain pembangunan saat itu sudah dibuat. Nanti soal pembangunan asrama haji Banten ini kita coba komunikasikan lagi dengan Pemkot Tangerang,” tandas Dedi. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah