Menuju Sekolah Sehat, TP UKS Banten Sambangi SMP-N 13 Kota Tangerang

sekolah sehat nasional

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Menjelang penilaian sekolah sehat tingkat nasional pada 18 Mei mendatang, SMP Negeri 13 Kota Tangerang disambangi Rombongan Ketua TP UKS Provinsi Banten guna melihat sejumlah kesiapannya, Selasa (9/5).

Selain sarana dan prasarana, kesiapan dokumen administrasi yang dibutuhkan juga turut diperiksa oleh Tim Penggerak Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS) Provinsi Banten yang diketuai Dra. Hj Isna Setiasih, MM.

“Hari ini kita melakukan pembinaan kepada SMP Negeri 13, karena minggu depan mereka ini akan mewakili Provinsi Banten ditingkat nasional,” kata Isna Kepada wartawan.

Dengan berbagai fasilitas sarana dan prasaran yang dikantonginya, Isna menilai secara keseluruhan SMPN 13 sudah mumpuni untuk mengikuti penilaian sekolah sehat mewakili Banten diajang tersebut.

“Saya sangat yakin dengan SMP-Negeri 13, dari sejumlah sekolah yang pernah saya kunjungi SMP-Negeri 13 yang paling bagus,” jelasnya.

Sementara itu Mulyono Sobar, Kepala SMP Negeri 13 Kota Tangerang mengaku hadirnya Tim Penggerak UKS Provinsi Banten nantinya bisa dapat memberikan gambaran secara umum terhadap kesiapan penilaian di tingkat nasional.

“Diawal tadi saya menyampaikan kepada ketua UKS Banten kalau memang ada kekurangan bisa disampaikan kepada kami sehingga kami bisa melengkapi disisa waktu 7 hari ini,” kata Kepsek yang pernah meraih predikat guru berprestasi tingkat Provinsi Banten dan menjadi Finalis guru terbaik tingkat nasional tersebut.

“Dari segi infrastruktur kami sudah membangun berbagai fasilitas yang nanti pada akhirnya diharapkan dapat menjadi nilai tambah menjadi sekolah sehat, selain itu juga untuk kantin dalam waktu dekat akan bersertifikat layak jual dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang,” kata Mulyono.

Ia menyebutkan, kalau SMP-Negeri 13 pernah meraih Adiwiyata Nasional ditahun 2011, kemudian untuk status sekolah hemat energi di tahun 2014 dan kemudian adiwiyata mandiri di tahun 2015 ini, jadi beberapa kategori telah kami dapatkan.

Mudah mudahan dengan predikat tersebut kami dapat lebih dimudahkan dan dilancarkan untuk mengawinkan dua predikat tersebut.

TRI PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH

Lebih lanjut Mulyono menjelaskan, visi dan misi yang berkaitan dengan sekolah yang beredukasi sehat telah diterapkannya sejak lama sehingga para siswa dan warga sekitar dapat lebih terbiasa dengan keadaan tersebut.

“Salahsatu misi kami adalah inovatif berfikir, kecerdasan dalam berkarya dan berbudaya sehat yang berahlak mulia, sedangkan untuk visi kami yang berbasis  adalah mewujudkan lingkungan yang asri, indah dan nyaman dan indikatornya adalah terwujudnya sekolah sehat, peduli dan berbudaya lingkungan,” jelasnya

Mulyono mengaku implementasi Tri Program Usaha Kesehatan Sekolah (TRIAS) juga saat ini sedang giat giatnya dilakukan SMP-Negeri 13 Kota Tangerang.

“Ini hampir semuanya, pendidikan kesehatan, pelatihan kesehatan dan pembinaan lingkungan, semuanya tertuang dalam program kerja UKS SMPN 13,” ungkapnya.

Mulyono mengaku berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sekolah sehat telah dilaksanakan oleh jajarannya dan beberapa diantaranya dibantu juga oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

“Sudah hampir semua kita lakukan, untuk pembinaan lingkungan kami ada lomba kebersihan dan keindahan kelas setiap minggu kita laksanakan,” pungkasnya. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah