kanal partai gerindra

Seni Mural Kampung Tanah Tinggi Tangerang Ubah Karakter Kawasan Kriminal

0

seni mural tanah tinggi

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Di sejumlah gang dan tembok rumah di kawasan Kampung Tanah Tinggi, Batuceper, Kota Tangerang kini telah dipercantik dengan lukisan mural. Bahkan seni mural tersebut ada yang sengaja menempel di tembok warga sehingga memperkesan karakter kuat dan keelokan di kampung ini.

Sebelumnya sekitar 30 pelaku street arts dari sejumlah kota di Indonesia dan bahkan Malaysia memoles koas lukisan ke sudut gang dan rumah warga yang tercatat bagian dari program Tangerang Street Art Festival (TSAF) pada Maret 2017 lalu.

Ivan Shano Ketua Panitia TSAF beberapa waktu lalu saat menggelar acara tersebut menyebut dipilihnya Kelurahan Tanah Tinggi ini lantaran tema lokal pride (kebanggaan lokal) dalam seni mural yang menghiasi tembok-tembok rumah warga adalah untuk merubah citra kampung yang dahulu identik dengan konflik.

Makanya dalam TSAF ini tembok pagar dan tembok rumah warga bercorak gambar atraktif yang merupakan khas seni graffiti.

“Kami ingin menunjukkan ternyata kampung ini sekarang ramah dan memiliki kearifan lokal dengan dihias mural. Dahulu kampung ini dikenal daerah komflik identik dengan beragam aktifitas kriminal dari narkoba perkelahian dan banyak yang lainnya,” kata Shano.

Sementara itu Lurah Tanah Tinggi Hadi Ismanto kepada PenaMerdeka.com bahwa sejak menjabat sudah menjadi catatannya untuk memperbaiki suasana lingkungan yang asri dan bersih dengan meminimalisir daerah yang rawan dengan aktifitas negatif.

Kata pria yang kerap disapa Boy, lingkungan yang sekarang ada perbedaan ini karena diakuinya ada intruksi dari pimpinan dan pintar-pintarnya kita mengatur siasat pendekatan kepada warga.

Dahulu menurutnya ada banyak juga bangunan liar berdiri diatas lahan fasos dan fasum. Tetapi setelah kita bongkar kemudian sekarang dibangun taman warga pun juga akhirnya antusias sehingga setiap kali ada kegiatan kerja bhakti tidak ketinggalan berpartisifasi. Sejumlah gang pintu masuk ke kampung ini sudah lebih tertata.

“Yang penting menjadi lebih baik. Sejumlah titik tempat sampah yang ada di kawasan yang tadinya kumuh sekarang Alhamdulilah sudah tertata rapih, pasalnya selain kami mengajak warga turun langsung bekerja bhakti tetapi titik tempat sampah langsung dubuatkan taman,” katanya Hadi menjelaskan, Rabu (10/5).

Jadi upaya yang kami lakukan adah mencari nilai positif setelah dikenal wilayah hijau kini menjadi kampung yang kenyal dengan seni mural.

“Dahulu warga enggan tembok rumahnya dihiasi mural. Tetapi sesudah melihat berciri dan bagus maka mereka yang meminta rumahnya untuk dilukis mural,” ucapnya.

Buktinya panitia TSAF yang digelar Maret 2017 lalu dari sekitar 50 spot yang tersedia warga meminta tambahan 20 spot lagi untuk dihias dengan seni mural. (riri)

Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

mattis Sed vulputate, sed ut luctus risus felis id Phasellus pulvinar mattis