Data Terbaru Ada 3.883 Desa Terisolasi Listrik

by 2017-05-15 0 comments

Desa Terisolasi Listrik PLN

JAKARTA,PenaMerdeka – Dari total jumlah 82.190 desa di Indonesia, 2.519 desa terisolasi listrik alias belum dapat menikmati terangnya aliran listrik. Tempat tersebut sama sekali belum berlistrik alias mengalami gelap gulita jika datangnya malam.

Tetapi disebutkan menurut data Kementerian ESDM, ada sekitar 12.000 desa yang belum dapat listrik dengan baik.
Namun survei yang pernah dilakukan PLN ternyata hampir 1,5 desa yang belum dialiri listrik, dari data yang sempat dilansir oleh Kementrian ESDM berjumlah sekitar 2.519.

Memang baru baru ini dalam survei PLN mendapati tambahan daerah desa terisolasi listrik dengan total tambahan 1.364. Jadi total dari jumlah yang belum menikmati listrik mencapai 3.883 desa.

“Dari survei langsung PLN di lapangan ada tambahan 1.364 desa yang belum terlistriki. Yang belum berlistrik sebetulnya lebih banyak lagi (dari 2.519 desa),” ungkap Direktur Perencanaan PLN, Nicke Widyawati, dalam acara diskusi di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (15/5).

Baca juga:  PLN: Oktober, Tarif Listrik Naik Untuk 12 Golongan Pelanggan

Dalam kesempatan itu bahwa cara survei yang dilakukan PLN mendata desa terisolasi listrik adalah dengan sistem rooftaging, memperlihatkan suatu tempat yang belum berlistrik dan sudah berlistrik dari foto udara.

Dari hasil survei yang dilakukannya menurut Nicke bahkan foto pihaknya sudah bisa membuat perencanaan, wilayah mana yang dekat dengan tempat yang berlistrik sehingga bisa dijangkau jaringan PLN.

“Dari peta yang belum dialiri listrik bisa disimpulkan wilayah mana saja yang masih terisolasi, sehingga harus dilistriki dengan jaringan lokal (off grid), dan desa yang rumah-rumahnya menyebar, sehingga hanya bisa dilistriki dengan PLTS Tower,” ucapnya.

Lebih dalam kata Nicke, supaya kedepan tempat itu bisa segera terang benderang, pihak PLN dan Kementrian ESDM akan melakukan percepatan dalam pembangunan listrik ke pelosok, khususnya di Maluku dan Papua dengan dana yang digelontorkan dari APBN.

Baca juga:  Besok, di Alun-alun Tangerang PLN Gelar Car Free Day Sosialisasi Layanan

Sepanjang 2016, PLN berhasil melistriki 92 desa di Papua-Papua Barat serta 34 daerah terpencil di Maluku-Maluku Utara.

“Yang sudah dilakukan PLN menanggulangi desa terisolasi listrik saat ini adalah dimulainya pembangunan listrik desa di 2017 dengan perencanaan 365 listrik desa di Papua-Papua Barat, serta 197 desa di Maluku-Maluku Utara. Total ada 1.808 desa di Maluku dan Papua yang akan diterangi PLN dalam 3 tahun ke depan,” tandas Nicke. (hisyam/dbs)

kompetisi potret Banten

Komentari Berita Ini

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.