HUT RI 76

Pasien Sembuh Covid-19 Terus Bertambah di Indonesia, Ini Angkanya!

JAKARTA,PenaMerdeka – Kabar baik datang lagi, pasien sembuh dari penyakit Covid-19 semakin bertambah di Indonesia. Jumlah pasien sembuh tersebut menyalip angka kematian akibat virus corona.

Data per tanggal Minggu (19/4/2020), jumlah pasien sembuh bertambah sebanyak 55 orang dengan akumulasi seluruh jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia mencapai 6.575 kasus, 582 meninggal dunia, dan 686 pasien sembuh.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, kriteria pasien dinyatakan sembuh berdasarkan akumulasi hasil uji laboratorium.

Pasien yang telah masuk dalam daftar konfirmasi positif Covid-19 dari hasil tes laboratorium atau PCR, umumnya mendapatkan perawatan dari tim medis.

Selama dalam masa perawatan tersebut, pasien akan memiliki reaksi yang berbeda-beda antar-pasien positif.

Bisa jadi gejala atau keluhan klinis semakin bertambah, tetapi bisa jadi juga dalam masa perawatan tersebut gejala klinis tubuh pasien justru berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Bagi pasien yang sudah tidak menunjukkan gejala, maka tenaga medis akan kembali melakukan tes laboratorium atau tes PCR pada pasien tersebut hingga dua kali.

Jika tes laboratorium yang dilakukan pada pasien menunjukkan hasil yang positif, meskipun pasien tidak bergejala, maka pasien tetap harus diisolasi hingga hasil uji laboratorium pasien yang keluar adalah negatif untuk dua kali pengujian berikutnya.

Pasien juga tidak boleh memiliki keluhan klinis lagi agar bisa dinyatakan sembuh.

“Kriteria sembuh adalah sembuh berdasarkan dua kali negatif (hasil tes PCR) dan keluhan klinis tidak ada lagi,” kata Yuri melalui situs daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (19/4/2020) kemarin.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa jumlah kasus positif di Indonesia juga terus bertambah sebanyak 327 orang kemarin. Terkait hal ini, Yuri mengatakan bahwa indikator penularan virus masih masif terjadi di tengah masyarakat.

Oleh sebab itu, pemerintah kembali menegaskan agar masyarakat dapat mematuhi anjuran protokol kesehatan demi memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

“Mari kita lawan Covid-19 dengan tingkatkan imunitas diri kita,” kata Yuri. (rur)

Disarankan
Click To Comments