Animo PPDB MTs Negeri 1 Kota Tangerang Membludak, Fasilitas Minim

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Tahun ajaran 2017-2018 di Madrasah Tsanawiah (MTs) Negeri 1 Kota Tangerang dibanjiri wali murid dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). PPDB MTs Negeri memang setiap tahunnya tercatat selalu membludak menjadi buruan warga karena faktor ekonomis dan pembelajaran agama yang lebih signifikan.

Namun dari kebanyakan peminat Warga Kota Tangerang tersebut pihak panitia sekolah yang berada di kawasan Cikokol tersebut hanya mampu menampung sebagian kecil pendaftar.

Mereka calon siswa baru harus wajib mengikuti tahapan seleksi terlebih dahulu. Salah satunya mengikuti ujian membaca dan menulis Alquran dalam proses PPDB MTs Negeri 1 Cikokol Kota Tangerang.

Yunita (38) warga Tanah Tinggi saat ditemui PenaMerdeka.com yang akan mendaftarkan putranya mengaku sudah dari hari Kamis (18/5/2017) datang mendaftarkan putranya. Tetapi karena kehabisan nomer antrian yang dibatasi hanya 300 pendaftar dalam perharinya, maka di hari kedua Jumat (19/5/2017) ia harus datang kembali.

“Di hari ke 2 saya sudah datang pukul 06.00 WIB ke MTS Negeri 1 Kota Tangerang. Alasan saya mendaftarkan putranya ke PPDB MTs Negeri karena materi pembelajaran Agama Islam lebih banyak ketimbang di sekolah umum.

Apalagi ia mengaku bahwa putranya merupakan lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahfidz Alquran modern, maka supaya berkelanjutan dia mendorong supaya putranya memilih ke sekolah yang berbasis materi agamanya lebih banyak.

Sementara itu Ketua Panitia PPDB MTs, Carsudin mengatakan, animo masyarakat terhadap pendidikan madrasah dari tahun ke tahun semakin meningkat. Namun karena hanya mempunyai 8 kelas, maka terpaksa hanya sebagian kecil saja pendaftar yang bisa diterima dalam rombel, yakni sebanyak 280 murid saja.

“Dari sekian banyak yang mendaftar hanya 280 murid saja yang nanti bisa kita tampung dalam PPDB MTs Negeri 1 Kota Tangerang. Fasilitas kita masih kurang,” tegasnya, Jumat (19/5).

Terkait dengan fasilitas sekolah pihaknya sudah mengusulkan pada Kementrian Agama Kota Tangerang untuk meminta tambahan ruang kelas baru. “Saat ini masih satu lantai, kami minta 1 lantai lagi mau dijadikan 2 lantai. Saat ini tinggal menunggu keputusannya,” tandas Casrudin.

Pendaftaran siswa baru ini di buka dari tanggal 19 -22 Mei 2017. Ia melanjutkan, dalam perharinya panitia hanya menerima pendaftaran 300 orang, kedepan selama proses pendaftaran 1300 calon siswa yang akan mengikuti seleksi masuk PPDB.

Seperti diketahui, saat ini di Kota Tangrang hanya memiliki 3 MTs berlabel negeri sisanya adalah kebanyakan swasta. Dalam setiap tahun ajaran baru animo masyarakat semakin meningkat untuk PPDB MTs Negeri. Kesulitan pembangunan MTs Negeri untuk Kota Tangerang salah satunya adalah karena kendala lahan yang sangat minim. ( yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan