kanal partai gerindra

Back Up Data Solusi Mencegah Serangan Hacker

0

mencegah serangan hacker cara

JAKARTA,PenaMerdeka – Serangan hacker ransome WannaCry memang masih terbayang dalam ingatan kita. Cara mencegah serangan hacker, salah satu tips jitu yang masih bisa diandalakan ialah backup data anda.

Para peretas mungkin tidak segan-segan mengambil data penting anda melalui maleware dan sebagainya.

Mungkin anda tidak mau terjadi, tetapi Back up data adalah cara yang bagus untuk mencegah hal tersebut dengan menyimpan secara digital. Untuk mencegah serangan hacker disebutkan juga memang mereka sering mencuri dan menyandra atau mungkin menghapus data anda.

Berikut adalah pilihan memback up data:

Menggunakan opsi yang ditawarkan Windows dan Mac OS

Microsoft dan Apple memang telah mengajarkan pentingnha back uo data. Versi terbaru Windows dan MacOS hadir dengan program baru yaitu built-in yang membuat cadangan ke hard drive eksternal.

Windows mengeluarkan fitur yang namanya File History. Dengan cara, buka Setting, lalu Update & Security, kemudian klik Backup. Sebelumnya, pasang dulu hard drive eksternal anda lalu pilih file yang akan anda salin.

Coba saja karena dengan cara ini kita tidak terlalu dipusingkan kehilangan data karena adanya tangan jahil mencegah serangan hacker.

Pada MacOS ada fitur Time Machine yang berada di System Preferences. Anda juga membutuhkan hard drive eksternal. Sistem ini akan otomatis memback up data anda per jam, harian dan mingguan sesuai dengan kebutuhan. Prosesnya pun cepat.

File History dari Microsoft maupun Time Machine dari MacOS harus membutuhkan hard drive eksternal. Itu memang merupakan cara ampuh untuk mencegah serangan hacker supaya data penting anda tidak dicuri oleh para peretas. (hisyam/dbs)

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

sit libero. Praesent tristique Phasellus Donec ultricies id ante. efficitur. Curabitur dapibus