Dinkes Kota Tangerang Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

gerakan masyarakat hidup sehat tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka — Pemerintah Kota Tangerang Melalui Dinas Kesehatan menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Aula Kecamatan Pinang Minggu (11/6/2017).

Kegiatan digelar mengingat karena saat ini terjadi perubahan gaya hidup masyarakat yang dinggap menjadi penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi).

Selain itu, digelarnya kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat lantaran masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali.

Pada era 1990, penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan.

Sudarto, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Tangerang kepada wartawan mengaku kegiatan tersebut merupakan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik indonesia.

“Ini acaranya Kemenkes, dan untuk di Kota Tangerang sendiri sebenarnya sudah resmi melounching gerakan masyaraka hidup sehat pada tanggal 7mei kemarin di tugu adipura oleh pak Wali sama Kemenkes juga,”katanya.

Sementara itu, Kartini Rustandi Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga dari Kemenkes menjelaskan, bahwa Kegiatan tersebut adalah salahsatu upaya untuk kembali memberikan kesadaran kepada masyarakat Kota Tangerang untuk dapat menerapkan pola hidup sehat.

“Saat ini kita bangun komunikasi, kita bicara dengan masyarakat biar semua masyarakat itu tahu apa itu gerakan masyarakat hidup sehat seperti aktivitas fisik apa itu deteksi dini bagaimana makan sayur dan buah pisang,” terangnnya

Dirinya menyebutkan, saat ini Pemerintah Kota Tangerang telah memberikan berbagai fasilitas yang memadai untuk mendukung program Germas tersebut.

Hanya saja masyarakat belum banyak yang tahu akan program tersebut sehingga program tersebut kurang berjalan dengan maksimal.

“Kalau saya Baca kota Tangerang melalui gerakan masyarakat hidup sehat ini pemerintahnya sudah memberikan sarana pelayanan dan katanya pengobatan gratis gitu ya sudah dikasih kepada masyarakatnya tinggal masyarakatnya mau ikut program ini atau tidak,” tandasnya. (herman)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan