Jelang Pilkada, KPU Kota Tangerang Janji Sodorkan Data Pemilih Berkualitas

0 127

data pemilih berkualitas pilkada

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menjelang Pilkada Kota Tangerang 2018 untuk saat ini lebih memprioritaskan penyelesaian Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Setelah itu fokus pada tahapan pencatatan data pemilih berkualitas yang dilakukan dengan Disdukcapil Kota Tangerang.

“KPU sekarang ini sedang fokus untuk menyelesaikan NPHD, ini yang utama, lalu persiapan MoU data pemilih dengan Pemkot melalui Disdukcapil,” kata Ahmad Syailendra Komisioner Divisi Bidang Program Data dan Informasi KPU Kota Tangerang kepada PenaMerdeka, Sabtu (1/7)

Sampai sejauh ini soal data calon pemilih kami tinggal menyodorkan Draft MoU ke Pemkot. Langkah ini dilakukan agar data pemilih berkualitas bisa kita pakai saat Pilkada Kota Tangerang nanti berlangsung.

Jumlah pemilih untuk pilkada belum diketahui karena kata Syailendra akan ada sejumlah tahapan yang akan dilalui KPU Kota Tangerang.

Yang pasti menurutnya, Daftar Pemilih Tetap atau DPT kemungkinan akan bertambah, sebab dari data terakhir untuk pemilih pemula pada tanggal 27 Juni 2018 lalu sudah ada yang berusia 17. Namun demikian pihak KPU akan melakukan sinkronisasi menjadi DP4 lebih dahulu.

“Artinya kalau ada tambahan pada pemilih pemula otomatis pada Pilkada Kota Tangerang nanti DPT ada kemungkinan bakal bertambah,” ujar Syailendra.

Karena nantinya proses data pemilih berkualitas diawali dari DP4 menjadi Daftar Pemilih (DP), dilapangan pihaknya akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Maka nanti akan ada nama warga calon pemilih yang bisa dicoret, diubah, diperbaiki dan ditambah sesuai kondisi. Apakah pindah tempat atau meninggal dunia,” ujarnya menuturkan.

PPDP akan bekerja berdasarkan wilayah kerjanya, kata Syailendra melanjutkan 1 orang PPDP ditugaskan menyelesaikan 1 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Maksimal setiap TPS akan ada 800 pemilih saja. Kegiatan pelaksanaan PPDP sudah disesuaikan dengan jadwal tahapan yang sudah ada.

“Untuk menyelesaikan data pemilih berkualitas mereka akan mencocokannya dengan sistem door to door, datang ke rumah rumah warga. Dari jadwal tahapan tersebut akan dilaksanakan bekerja pada awal tahun. Sementara untuk jumlah TPS diperkirakan ada sebanyak 3000 buah yang tersebar di 13 Kecamatan Kota Tangerang,” tandas Syailendra. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...