Sosialisasi Program P2WKSS, Tingkatkan Peran Wanita Dalam Pembangunan

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – Melalui Program P2WKSS, Pemkot Tangerang berharap perempuan sebagai mitra sejajar kaum adam semakin mempunyai peranan dan perlu terus ditingkatkan, agar mampu memberikan kontribusi yang besar dalam berbagai bidang pembangunan di daerah.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengungkapkan hal tersebut dalam acara Sosialisasi Penetapan Kelurahan Binaan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), di Kecamatan Periuk, Kamis (10/08).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik dalam Tangerang Municipality In Figures 2016, jumlah penduduk di Kota Tangerang sebanyak 2.047.105, dan jumlah penduduk perempuan berjumlah 1.101.992 orang. Jumlah penduduk perempuan yang demikian besar ini, tentunya tak dapat mengesampingkan peran perempuan dalam pembangunan di Kota Tangerang.

Peningkatan peranan kaum wanita yang diantaranya digagas melalui pelaksanaan program P2WKSS, menurut Sachrudin bukan tanpa tujuan. Karena, wanita pun memiliki potensi yang besar jika diberikan ruang dan kesempatan.

Program tersebut telah digulirkan pemerintah sejak tahun 1979 atau 38 tahun silam. Agar lebih aktif dalam pembangunan di lingkungannya pemerintah berupaya memberikan ruang dan mendorong peranan perempuan.

“Program P2WKSS di Kota Tangerang harus semakin dinamis dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat khususnya kaum wanita dan keluarganya. Sehingga akan semakin meningkatkan kualitas diri kaum perempuan hingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan kesehatan, kesejahteraan keluarga dan berperan optimal dalam pembangunan,” kata Wakil Wali Kota Sachrudin dalam rilis yang diterima PenaMerdeka.com.

Program P2WKSS ini, kedepan harus terus dikembangkan secara mandiri oleh masyarakat dengan dilandasi semangat kebersamaan dan keberpihakan kepada keluarga pra sejahtera. Ini artinya, dalam rancangan pelaksanaan program harus memberikan ruang kepada orang untuk membangun dirinya sendiri dalam bentuk mobilisasi dan pemanfaatan seluruh potensi masyarakat.

“Lewat penetapan kelurahan binaan ini, diharapkan masyarakat binaan program P2WKSS akan semakin meningkat, dari sisi kualitas diri maupun tingkat kesejahteraannya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir juga Ketua TP PKK Provinsi Banten, Niniek Nuraini Halim serta Ketua TP PKK Kota Tangerang, Hj. Aini Suci Wismansyah. (hisyam/hms)

Click To Comments