Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Buruk Bagi Kesehatan, Efek Kesepian Serupa Dengan Obesitas

0 44

JAKARTA,PenaMErdeka – Bila obesitas sering kali dianggap sebagai penyakit berbahaya serta dapat mematikan. Namun kenyataanya, efek kesepian berpengaruh bagi kesehatan fisik maupun metal seseorang. Dalam sebuah riset, diketahui bahwa isolasi sosial dapat berisiko tinggi mengalami kematian bagi seseorang.

Menurut Julianne Holt-Lunstad, profesor di Universitas Brigham Young, Amerika Serikat, dilansir dari Times of India “Saling berhubungan dengan orang lain secara sosial dianggap sebagai kebutuhan yang fundamental bagi manusia, menjadi sangat penting bagi kesejahteraan dan kelangsungan hidupnya,” kata Julianne.

Menurutnya, perumpamaan ekstrem menunjukkan efek kesepian bayi dalam perawatan kustodi yang tidak memiliki kontak manusia, maka akan gagal berkembang dan sering meninggal, dan memang, isolasi sosial atau kurungan isolasi telah digunakan sebagai suatu bentuk hukuman.

Setahun lalu, Sebuah studi yang dilaporkan oleh Medical News Today, ada kemungkinan penyakit Alzheimer berkaitan dengan efek kesepian. Sedangkan dalam penelitian berbeda isolasi sosial dihubungkan dengan kelangsungan hidup penderita kanker payudara. Kesepian dan isolasi sosial keduanya terkait dengan kesehatan yang buruk, seperti dikutip dari health detik.

Gambaran dari pengaruh isolasi sosial dan kesepian pada risiko kematian, dipresentasikan Julianne berdasarkan data dari dua ulasan penelitian efek kesepian yang pernah dilakukan. Pertama melibatkan 148 studi, dengan lebih dari 300.000 orang yang mewakili, didapati bahwa hubungan sosial yang lebih besar, 50 persen terkait dengan penurunan risiko kematian dini.

Sedangkan studi kedua, melibatkan 70 studi yang mewakili lebih dari 3,4 juta orang dari Amerika Utara, Eropa, Asia Dan Australia, memeriksa peran isolasi sosial, kesepian atau hidup sendiri terhadap kematian awal. Para peneliti menemukan bahwa ketiganya terdapat dampak signifikan terhadap risiko kematian awal, faktor risiko lain adalah obesitas (kegemukan).

“Terdapat bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian meningkatkan risiko kematian awal secara signifikan, besarnya risiko melebihi banyak indikator kesehatan tertinggi,” kata Julianne. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...