Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Presiden Jokowi Teken Draf UU Pemilu

0 52

Jokowi teken draf uu pemilu

JAKARTA,PenaMerdeka – Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI diberitakan akhirnya menandatangani Undang-Undang (UU) Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Soal Draf UU Pemilu yang harus segera diteken lantaran disebutkan agar bisa memproses Judical Review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Informasi yang diterima bahwa penandatanganan draf UU tersebut dilakukan pada Rabu (16/8/2017) lalu.

“Sudah diundangkan pada 16 Agustus,” kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi ketika ditanya wartawan soal draf UU Pemilu pada Sabtu (19/8).

Lebih jauh kata mantan juru bicara KPK ini menegaskan, dengan begitu maka UU tersebut sudah terdaftar di lembaga negara sebagai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Seperti diketahui sebelum draf Undang-Undang Pemilu diparipurnakan oleh DPR pada 21 Juli 2017 lalu sempat diwarnai aksi walkout dari Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, dan Fraksi Partai Amanat Nasional.

Sementara Khaerunisa Agusyati Deputi Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyebut khawatir kalau proses hukum lebih lama bakal mengganggu jalannya tahapan, sehingga memengaruhi kualitas Pemilu 2019.

“Kami memang mendesak Presiden untuk segera memberikan nomor pada draf UU Pemilu. Sebab gugatan ke MK sudah ada. Kalau lama nanti potensinya semakin molor,” tandas Khaerunisa. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...