Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Suhu Ekstrem Menimpa Jamaah Haji, Ini Siasat Kemenag Kota Tangerang

0 67

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Cuaca panas ekstrem bagi jamaah haji di tanah suci harus disiasati dengan sejumlah bekal dan tips. Kepala Kemenag Kota Tangerang bahkan membuka layanan inten. Ia sengaja memberikan nomor ponsel pribadi supaya jamaah ibadah haji kota berjuluk Akhlakul Karimah bisa menunaikan ibadah secara maksimal.

“Memang ada kenaikan jumlah jamaah pada tahun ini yakni dari 1428 menjadi 1778 orang. Mereka diberangkatkan dengan 6 kloter. Tapi kami sudah mempersiapkan dan dari tahun ke tahun sudah melaksanakan. Jadi tidak kaget lagi karena kami juga berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Provinsi Banten,” kata Dedi Mahfudin, Kepala Kemenag Kota Tangerang kepada PenaMerdeka.com, Kamis (31/8).

Lebih dalam kata Dedi soal siasat memberikan kenyamanan bagi jamaah haji kendati pihak Kemenag dan tim kesehatan Dinkes Kota Tangerang sudah diterjunkan, ia mengaku memberikan nomor ponsel pribadi kepada para jamaah.

Dalam 1 kloter pemberangkatan ada 5 orang yang mendampingi para jamaah. 2 orang dari Kemenag dan sisanya dari Dinkes Kota Tangerang.

Mereka bertugas melayani jamaah. Dedi juga mengaku jika jamaah mendapat masalah mereka juga bisa langsung menghubungi nomor ponselnya secara langsung.

“Memang kerap yang mereka tanyakan bukan soal layanan tetapi kebanyakan para jamaah yang berkomunikasi via telpon seluler pribadi rata rata meminta arahan teknis ibadah haji. Saya usahakan semaksimal mungkin melayani saudara yang notabene juga jamaah haji Kota Tangerang,” ucapnya.

Karena perbedaan waktu di tanah air dan Arab Saudi cukup panjang, mereka kerap komunikasi sekitar pukul 02:00 WIB dinihari. Ia mengklaim tidak mengalami persoalan. Tetap aduan atau permintaan arahan teknis syarat haji para jamaah tetap dilayani.

Dari awal memang segenap unsur yang terlibat termasuk dari Kemenag sudah menyarankan supaya jamaah tidak sering keluar dari tenda.

Meski tidak haus kami juga menyarankan supaya jamaah rajin menenggak air mineral mengantisipasi dehidrasi lantaran cuaca panas ekstrem yang bersuhu rata rata mencapai 40°C hingga 50°C.

“Kami berharap supaya para jamaah haji Kota Tangerang menjadi haji yang mabrur. Berangkat dan pulang diberi kesehatan,” ucapnya. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...