Usai Konsumsi Daging di Hari Idul Adha, Berikut Cara Menetralisasi Tubuh

JAKARTA,PenaMerdeka – Hari raya Idul Adha biasannya khas dengan makanan yang serba daging. Hal hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan tubuh Anda karena terlalu banyak konsumsi daging bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Lalu bagaimana trik untuk tak terlali mengganggu kesehatan. Pakar gizi dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr Saptawati Bardosono menegaskan saat memakan serat seperti buah dan sayur harus diseimbangkan dengan daging.

“Selalu kontrol dan atur pola makan supaya tak mengganggu kesehatan saat konsumsi daging. Caranya, makanlah buah dipagi hari setelah Sholat subuh agar mendetoksisasi tubuh,” tuturnya.

Untuk buahnya sendiri, carilah yang dapat melancarkan pemcernaan agar makanan ini bisa di makan dan dapat keluar mudah. Contohnya dengan buah pepaya dan jeruk.

“Jeruk dan pepaya juga buah yang sangat bagus. Jika sayur pilihlah yang tidak bersantan. Pilihlah sayur yang bisa melancarkan saluran pencernaan seperti contohnya bayam,” jelasnya.

Untuk makan seperti ini usahakan tidak mengambil bagian lemaknya. Hal tersebut dapat menambah kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Untuk itu, ada baiknya memilih yang tak banyak lemak.

“Jika konsumsi daging, jangan ambil yang ada lemaknya nanti kolesterol tinggi. Jadi, usahakan ambil yang sedikit ada lemaknya seperti pada bagian dada,” tambahnya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan