Zulfikar Demokrat

Dua Proyek Bendungan bakal Dibangun di Banten

0

BANTEN,PenaMerdeka – Dua proyek bendungan akan digarap Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) di wilayah Banten. Kedepan dari informasi yang tercatat bukan hanya sejumlah akses jalan saja yang akan di bangun di Banten, namun termasuk jembatan gantung.

Gubernur Banten Wahidin Halim ketika dikonfirmasi menyebut bahwa pembangunan infrastruktur akan dikonsentrasikan oleh Pemrov dan pemerintah pusat. Secara umum kita sudah laporkan juga ke Presiden. Proyek infrastruktur ini merupakan bagian strategi untuk mengangkat tarap ekonomi masyarakat Banten.

“Salah satu program pembangunan infrastruktur adalah proyek bendungan. Kedepan akan berdampak kepada masyarakat. Karena kebutuhan air bisa dipergunakan kepada masyarakat kalangan manapun,” ucap Gubernur, Jumat (1/09).

Tandas pria yang kerap dipanggil WH ini mengatakan, proyek kolaborasi pemerintah pusat dan Banten ini tentunya sangat strategis.

“Banten sendiri akan fokus juga kepada proyek infrastruktur lainnya seperti sekolah dan sarana prasarana kesehatan. Kolaborasi pusat dan Banten akan menambah kemajuan perbaikan infrastruktur,” ucapnya.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, anggaran yang disiapkan pemerintah pusat untuk menggarap sejumlah proyek bendungan di Banten cukup besar.

“Kalau soal anggaran, pasti sudah lebih dari Rp 2 triliun untuk Banten ini. Kita mulai pekerjaan-pekerjaan khusus di bidang PUPR,” kata Basuki di Lebak, Banten, Kamis (30/8/2017) kemarin.

Kata Menteri melanjutkan bahwa proyek Bendungan Karian di Lebak anggarannya mencapai Rp 1,07 triliun.  Untuk memenuhi kebutuhan anggaran, pemerintah sebagian meminjam dari Pemerintah Korea Selatan.

Bendungan ini memiliki luas genangan 1.740 hektar dengan kapasitas tampung efektif 207,5 juta meter kubik ini digarap oleh Daelim Industrial Co, LTD bekerja sama dengan PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero) Joint Operation.

Kata Menteri selain bendungan di daerah Lwbak, pemerintah juga tengah membangun Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang. Bendungan yang telah dibangun sejak tahun lalu itu ditargetkan rampung pada tahun depan.

Anggaran yang digelontorkan dari sumber APBN untuk bendungan ini senilai Rp 427 miliar dengan luas 131 hektar.

Menteri selain memaparkan soal proyek bendunga juga mengatakan soal rencana pemerintah yang akan membangun 30 jembatan gantung.

“Jembatan gantung nanti akan menghubungkan antar desa di sejumlah wilayah. Selain itu Tol Serang-Panimbang, dan rehabilitasi jaringan irigasi di Ciujung dan Pamerayan merupakan rencana strategis yang akan dibangun di Banten,” tandas Mentri. (eres)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

adipiscing Aliquam accumsan risus. sed id ultricies et, ipsum ante. ut tempus