Bantuan Pemerintah, Sebagian Bibit Bawang Merah Busuk

bibit bawang merah

PRINGSEWU,PenaMerdeka – Kelompok tani (poktan) di Pekon Podomoro, Kecamatan Pringsewu dibuat kesal lantaran bantuan bibit bawang merah yang mereka terima dari pihak ketiga banyak yang busuk. Mereka membayangkan bahwa bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu tersebut dianggap gagal.

Sutio salah seorang Kelompok Tani di Podomoro menegaskan, benih tersebut diberikan sudah tak layak tanam karna kondiainnya busuk dan mengempes.

“Kondisi bantuan bibit bawang merah seperti itu mana bisa ditanam. Konsdisinnya saja busuk dan mengempes,” ujarnya Sabtu, (9/9).

Setiap kelompok tani menerima bantuan satu ton benih pada tahun 2017 untuk lahan seluas 1 hektare. Bantuan sudah disalurkan ke sejumlah kelompok tani di kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Pardasuka, dan Pagelaran.

“Pengirimannya terdebut dilakukan secara mendadak. Karna itu kami sangat belum siap karena lahan belum diolah sebagai lahan tanam,” tegas Sutio.

Pada kelompok tani Podomoro benih tersebut yang busuk berkisar 20 persen dari 1 ton bantuan benih. diperkirakan 200 kilogram ini masih satu kelompok tani masih 3 lagi yang menerima bantuan ini. Sedangkan, bantuan pupuk organik Dinas Pertanian Pringsewu menganggarkan Rp25 juta dan untuk benih tersebut Rp160 juta.

“Bibit bawang merah yang busuk kami buang. Kami juga berharap bantuan yang digelontorkan pemerintah harus benar-benar berkualitas jangan sampai proyek pemerintah ini hanya asal-asalan,” tambahnya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah