Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Mengenal ‘Si Pitak’ Burung Kicau Berpredikat Juara asal Kota Tangerang

0 110

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka –  Tren dunia burung kicau semakin digemari masyarakat. Kendati memelihara burung jenis ini tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan.

Adalah Abdul Aziz penghobi burung di Kota Tangerang, punya jagoan ‘Si Pitak’, setiap kali nimbrung di kontes burung, Pitak tak jarang menggondol piala. Diketahui kontes burung jenis berkicau saat ini semakin banyak penggemarnya bukan hanya di Kota Tangerang saja, tercatat pecinta burung seperti ini sudah merebak hingga ke penjuru tanah air.

Di wilayah Tangerang sendiri, gelaran-gelaran kontes burung kicau tidak susah kita jumpai. Pesertanya pun, terbilang selalu membludak disetiap kali ajangnya.

Melalui kontes seperti itulah memang, kualitas serta kepiawaian burung dalam melantunkan irama merdunya dapat teruji. Maka dari situ pulalah bahwa hewan peliharaan kesayangan yang satu ini bisa diakui khalayak pecinta burung.

Seperti layaknya jenis burung kicau Murai Batu, yaa burung Murai yang dimiliki Azis kualitasnya sudah cukup dikenal dan diakui lantaran dalam berbagai pagelaran kontes kerap berhasil tampil tanpa cela.

‘Si Pitak’ selalu menjadi juara, karena isian (istilah dalam burung kicau) serta tembakan volume kicauannya melengking.

Dari kontes yang digelar di wilayah Tangerang Raya puluhan piala dan piagam penghargaan diraihnya sebagai burung berkelas. Tak ayal Si Pitak’ kini sudah patut diperhitungkan bagi jenis burung murai lainnya.

Teranyar, ‘Si Pitak’ yang tergabung dalam Komunitas Burung Kicau Tangerang TPPINEWS SF ini juga kembali menjuarai laga di Neroktog Enterprise (NE) pada Minggu (17-09-2017) lalu.

Bahkan, ‘Si Pitak’ juga meraih hatrick, yang sekaligus memborong juara 1 Best Of The Best di ajang bertema Latber Losgan itu.

“Awalnya hanya hobi saja dengan burung. Belakangan kendati biaya yang dikeluarkan untuk memelihara lumayan mahal tapi kalau hasil suaranya bagus jadi kebanggaan. Akhirnya kita ikutkan ke ajang kontes. Ternyata hasilnya memuaskan,” kata Azis pemilik ‘Si Pitak’ bangga, Kamis (21/09).

Namun, kata dia yang terpenting baginya bukanlah sekedar piala ataupun piagam, melainkan kepuasannya dalam menyalurkan hobi berkicau mania tersebut.

Azis menambahkan, teknis melakukan perawatan terhadap ‘Si Pitak’ serta burung kicau lain yang dimilikinya terbilang gampang-gampang susah.

“Untuk sekedar pakannya saja, dalam setiap minggunya bisa menghabiskan setengah kilogram kroto. Sudah ketahuan kan satu ons saja harganya Rp 40-50 ribu. Belum lainnya, seperti jangkrik dan ekstra fooding lainnya.”

Dan yang paling utama adalah meluangkan waktu buat dia. Karena pagi hari kata Azis sudah harus dimandikan dan dijemur.

Aziz juga tak menampik bila ‘Si Pitak’ sudah banyak diminati pecinta burung lainnya dengan tawaran harga hingga puluhan juta rupiah.

“Terakhir sudah ada yang menawarnya dengan harga lumayan tinggi mas, yakni sebesar Rp 50 juta. Tapi, sekarang ini masih belum berminat melepas burung kicau kesayangan saya mas. Lagi sedang sayang sayangnya sama si Pitak,” tandas Azis. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...