Ini Manfaat Madu untuk Atasi Sakit Maag saat Berpuasa

JAKARTA,PenaMerdeka – Sakit maag merupakan masalah kesehatan yang sering dikeluhkan selama bulan puasa Ramadhan. Akibatnya, menahan rasa lapar dan haus selama menjalankan ibadah puasa menjadi tantangan tersendiri bagi penderita. 

Tidak jarang sejumlah penderitanya pun tidak menjalankan puasa secara penuh lantaran rasa tidak nyaman yang dialaminya.

Namun tak perlu cemas, sakit maag dapat diatasi dengan bahan alami salah satunya madu. Khasiat madu untuk kesehatan memang tak diragukan lagi. Kandungan nutrisi dan anti inflamasi yang terkandung pada madu dapat mengatasi penyakit ini jika dikonsumsi secara rutin.

Melansir dari Livestrong, madu terbukti bisa membantu refleks asam yang menyebabkan rasa mulas dan membantu menenangkan iritasi dalam kerongkongan. Hal ini terbukti melalui banyak penelitian. Manfaat ini pun didapat dengan cara campur madu dengan air hangat dan minum setiap hari.

“Viskositas madu bisa membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu sebagian besar mengandung gula alami yang sudah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, terutama sebagai antibakteri juga,” ujar peneliti.

Fakta lainnya adalah madu dinilai dangat efektif menenangkan lapisan lambung yang sedang terluka dibandingkan susu. Ini berkat kandungan antibakteri yang terkandung didalam madu.

Selain itu, mengkonsumsi madu secara rutin juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga lambung dan saluran cerna terbebas dari kuman penyebab penyakit.

Minum air madu untuk meredakan sakit maag sebaiknya setiap pagi hari setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Cara ini terbukti membersihkan saluran pencernaan, menghangatkan tubuh dan memberikan energi untuk memulai aktivitas sepanjang hari. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah