Rabeg Kuliner Legendaris, Makanan Favorit Sultan Banten

 

Rabeg makanan favorit Sultan Banten

BANTEN,PenaMerdeka – Salah satu makanan legendaris milik Banten adalah Rabeg. Selain legendaris, rabeg ini juga menjadi makanan favorit Sultan Banten, makanya tidak heran jika kemudian rabeg dijadikan incaran oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Banten. Bahan baku yang digunakan dalam masakan rabeg ini adalah daging kambing yang dicampur dengan jeroannya dan biasanya disajikan dengan citarasa yang pedas.

Bila ingin mencicipi rabeg namun posisi berada jauh dari Banten dan belum ada waktu untuk pergi ke sana wisata kuliner Banten, kali ini PenaMerdeka.com akan membagikan resepnya, dengan resep ini Anda bisa langsung membuatnya sendiri kuliner khas Banten. Adapun resep dan cara membuat rabeg Banten yang kami maksud adalah sebagai berikut:

a. Bahan serta Bumbu yang Diperlukan
Sebelum Anda mulai membuat makanan favorit Sultan Banten ini, ada hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, yakni menyiapkan bahan serta bumbu yang dibutuhkan. Adapun bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat rabeg masakan favorit Sultan Banten adalah sebagai berikut:

1. Jeroan kambing kira-kira sebanyak 1 kg seperti ati, usus atau yang lainnya
2. Bawang putih sebanyak 100 gram
3. Bawang merah sebanyak 100 gram
4. Lada putih sebanyak 3 sendok makan
5. Cabe rawit sebanyak 10 buah atau disesuaikan dengan selera
6. Biji pala sebanyak 1 butir
7. Lengkuas sepanjang 2 cm
8. Jahe sepanjang 2 cm
9. Kayu manis sepanjang 3 cm
10. Kecap atau gula merah secukupnya
11. Serai sebanyak 1 batang kemudian bersihkan dan memarkan
12. Daun salam sebanyak 3 lembar

b. Proses Pembuatan makanan favorit Sultan Banten

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan seperti yang ada di atas, sekarang langsung perhatikan proses pembuatannya di bawah ini supaya tidak sulit step by step yang harus dilakukan dari awal sampai akhir. Adapun proses atau langkah-langkah pembuatan ini adalah sebagai berikut:

  1.  Bersihkan jeroan kambing lalu rebus dengan serai serta daun salam dengan api yang sedang sampai matang. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan, tetapi jangan buang airnya
  2. Cincang bawang merah serta bawang putih
  3. Memarkan jahe, lengkuas serta biji pala
  4. Haluskan cabai rawit
  5. Setelah itu, tumislah bumbu yang meliputi bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, biji pala, lada putih, lengkuas, cabai serta kayu manis sampai mengeluarkan aroma yang wangi
  6. Setelah wangi, Anda bisa mematikan api untuk kemudian beralih ke tahap selanjutnya yakni memotong jeroan
  7. Setelah selesai, Anda bisa memindahkan tumisan bumbu tadi ke dalam air bekas rebusan jeroan kambing, aduk perlahan kemudian masukkan jeroan yang telah dipotong
  8. Aduk-aduk sebentar kemudian masukkan kecap atau gula merah ke dalamnya
  9. Aduk kembali kemudian lakukan koreksi rasa, jika rasanya memang sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa mendiamkannya sampai jeroan kambing benar-benar matang atau sesuai selera
  10. Jika semuanya sudah pas dan sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa langsung menyajikannya selagi hangat dengan disertai taburan bawang goreng di atasnya.

Ini merupakan resep membuat rabeg makanan favorit Sultan Banten yang bisa digunakan. Mungkin tidak terlalu sulit untuk membuatnya. Jadi, Anda sudah tidak perlu repot mencari waktu untuk pergi ke Banten lagi jika ingin mencicipi makanan ini, karena dengan panduan resep masakan istimewa Banten yang kami bagikan di atas, Anda bisa langsung membuatnya agar bisa segera menikmatinya. (penamas/dbs)

Click To Comments