Pena Merdeka
Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Menuju Swasembada, Kader Gempita Kabupaten Serang Diajak Andil Pengembangan Kedelai

0

program pengembangan kedelai

KABUPATEN SERANG,PenaMerdeka – Tiga belas kader Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Kabupaten Serang secara resmi mendapatkan penyematan sebagai pendamping saat program pengembangan kedelai APBNP 2017.

Acara yang berlangsung di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Serang pada Rabu (4/10/2017) seperti diketahui dikordinatori Daddy Hartadi itu dilepas ke lokasi pendampingan masing masing Desa oleh dosen pendamping dari Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Bogor, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Zaldi Dulhana serta Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Serang.

Dalam arahannya, Zaldi meminta ketiga belas pemuda itu dapat menjalankan tugasnya secara baik selama 2 bulan kedepan dalam mendampingi petani untuk melakukan pengembangan kedelai.

Zaldi Juga meminta kepada kader Gempita supaya menyesuaikan kerja pendampingan dengan jadwal tanam yang ada dikelompok tani masing masing.

“Semoga dapat disesuaikan jadwal tanam dan jadwal kerja pendampingan, agar petani dapat secara utuh mendapatkan pendampingan pemuda tani dari Gempita dan petani bisa sukses menjalankan kegiatan bertani kedelainya,” harap Zaldi.

Dosen STPP Bogor Rudy Hartono juga dalam kesempatan itu melakukan pembagian wilayah untuk pendampingan pengembangan kedelai kepada ketiga kader Gempita Serang tersebut.

Kata Rudy menjelaskan, pendampingan di 8 kecamatan di Kabupaten Serang diantaranya berada di wilayah Pamarayan, Tunjung Teja, Kopo, Jawilan, Tanara, Mancak, Gunung Sari, dan Puloampel.

“Terkait pengembangan kedelai kita sudah bagi 8 wilayah kecamatan, mereka nantinya membuat jurnal laporannya dan dibimbing oleh 2 Dosen dari STPP dan 1 penyuluh,” terangnya.

Sementara Daddy Hartadi salahsatu pendamping yang juga Kordinator Gempita Kabupaten Serang mengapresiasi Kegiatan pendampingan ini.

Dalam kegiatan ini petani nantinya diberikan arahan melalui pertemuan penyuluhan yang dilakukan pendamping, pembimbing external yaitu penyuluh dan pembimbing internal dari Dosen STPP Bogor.

Daddy Berharap pengembangan kedelai yang ditanam petani dapat digunakan sebagai penangkaran benih kedelai untuk perluasan areal tanam Kedelai di tahun 2018 guna mewujudkan swasembada kedelai.

Kegiatan ini tambahnya dilakukan serentak diseluruh Indonesia oleh Badan penyuluh Pertanian Dan sumber Daya Manusia Pertanian Kementrian pertanian.

“Pengembangan kedelai ini serentak se Indonesia guna mewujudkan swasembada kedelai. kita berharap melalui program ini Gempita memberikan sumbangsih dan kontribusi yang cukup utk mensukseskan swasembada kedelai,” tandasnya. (fred)