4 Makanan Khas Tangerang, Berbahan Dasar Sayuran

by 2017-10-12 0 comments

daftar makanan khas Tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Sebagaimana di ketahui bersama, Wilayah Tangerang ini adalah kota yang paling besar di Provinsi Banten. Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan juga termasuk dalam kota yang memiliki banyak potensi wisata. Tak hanya itu, Bahkan dua kota ini juga memiliki banyak makanan khas.

Berikut, beberapa makanan khas Tangerang, Banten yang berbahan dasar sayur, yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

a. Asinan Sayuran
Makanan khas dari Tangerang, Banten yang pertama, yang sangat rekomended adalah asinan sayuran. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini terdiri dari beberapa jenis sayuran.

Biasanya sayuran yang dipakai adalah wortel, sayur asin, mentimun, lobak, kol dan tauge, dimana bahan ini nantinya akan disiram dengan menggunakan saus cuka dan ditaburi kacang tanah goreng serta tahu kuning. Jika Anda ingin mencicipi makanan khas yang satu ini, Anda bisa datang ke kawasan Pasar Lama Kota Tangerang.

Baca juga:  Wisata Kuliner Murah, Menikmati Laksa 'Spaghetti' Kota Tangerang

b. Sayur Besan
Jenis makanan ini juga satu diantara makanan khas Tangerang, Banten. Namanya memang unik (sayut besan), demikian pula dengan asal-usulnya yang juga tak kalah unik. Makanan ini konon sudah ada sejak abad 17 yang biasanya disajikan saat ada acara pernikahan.

Sayur besan ini terdiri dari beberapa jenis bahan yakni kacang panjang, petai, kentang, santan serta terubuk. Makanan ini bisa dikatakan sebagai makanan yang cukup sulit untuk ditemukan sekalipun Anda pergi ke Tangerang.

Bukan tanpa sebab, karena selain bahan dasarnya terutama terubuk ini sudah sulit untuk didapatkan dan harganya juga lumayan mahal. Tetapi, jika masih penasaran ingin mencobanya, Anda bisa datang ke Jl. Ir. H. Juanda, Ciputat Timur Tangerang Selatan, di mana di sini terdapat satu warung makan, namanya Warung Makan Mpo Iyoh yang menjual makanan khas satu ini.

Baca juga:  Wisata Kuliner Murah, Menikmati Laksa 'Spaghetti' Kota Tangerang

c. Toge Goreng
Nama lain dari makanan khas Tangerang yang satu ini adalah Gecom (toge oncom) yang memang diambil dari bahan yang digunakan, yakni Tauge dan Oncom. Makanan ini konon sudah berkembang sekitar setengah abad yang lalu dan menjadi salah satu jenis makanan kegemaran masyarakat pada saat itu.

Toge goreng ini biasanya disajikan bersama dengan ketupat, mie kuning serta daun kucai yang dirajang kecil. Sama seperti sayur besan, makanan khas toge goreng kini juga sudah menjadi makanan yang langka dan sulit untuk ditemukan. Namun bukan berarti tidak bisa sama sekali. Anda bisa mendatangi pusat-pusat keramaian lama, karena biasanya disinilah terdapat penjual yang menyajikan makanan satu ini.

d. Sambel Godok
Adapun makanan khas Tangerang yang satu ini sebenarnya adalah makanan khas Cina peranakan di Tangerang. Makanya tidak heran jika kemudian sambel godok biasa muncul saat ada upacara sembahyang etnis Tionghoa, ataupun pada saat hari besar lainnya seperti tahun baru Imlek. Cara paling baik menikmati makanan yang satu ini adalah dengan ketupat.

Baca juga:  Wisata Kuliner Murah, Menikmati Laksa 'Spaghetti' Kota Tangerang

Di Tangerang, Anda juga bisa mencari makanan yang satu ini di kawasan Pasar Lama. Biasanya bahan-bahan yang digunakan ini terdiri dari pepaya muda, petai, buncis, serta tempe.

Daftar beberapa makanan khas Tangerang, Banten yang berbahan dasar sayuran. Makanan-makanan tersebut tentu menjadi alternatif bagi Anda pecinta sayuran atau bagi yang tidak menyukai daging atau ikan.

Semoga info tentang makanan khas dari Tangerang bisa menambah wawasan untuk Anda. Khususnya yang sedang berlibur ke wilayah Tangerang Raya, dan ingin menikmati kuliner khas dari daerah Tangerang. (penamas)

Bagikan Artikel ini

Komentari Berita Ini

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.