Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Fadli Zon sebut Kepemimpinan Jokowi One Man Show bukan Pola Dirijen

Fadli Zon sebut Kepemimpinan Jokowi One Man Show

JAKARTA,PenaMerdeka – Menjelang Pilpres 2019 sejumlah pihak ada yang tidak greget menyaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) karena pola kepemimpinannya dianggap bergerak ‘one man show‘.

Kata Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Jokowi semestinya bersikap seperti ‘dirijen’ bisa memainkan irama sebagai pemimpin.

Dalam menjalankan roda pemerintahan tegas politisi Partai Gerindra itu menyebut sampai sejauh ini lebih terkesan one man show tidak ada upaya kolektif untuk mengoptimalisasikan peran dari menteri dan birokrasi yang begitu besar.

Maka itu apalagi Wakil Presiden Jusuf Kalla juga tidak dimaksimalkan posisinya. Jokowi menjadi terkesan bekerja sendirian.

“Jadi dia bertindak sendiri kadang bagi bagi sepeda, bagi-bagi kartu, kadang-kadang gubernur, kadang-kadang bupati, wali kota, manajer, mandor si proyek, sampai tukang bagi-bagi kaus,” ujar Fadli saat acara diskusi publik di Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Intinya Pak Jokowi memang sebagai Presiden. Hanya saja menurut Fadli Zon menjadi persoalan besar karena menyangkut kepemimpinan.

“Karena one man show tadi Presiden Jokowi saya nilai tak bisa memainkan peran menteri-menteri kabinet,” katanya menegaskan.

Dia kembali menerangkan, situasi ini berbeda dari pemerintahan periode-periode sebelumnya, apalagi saat era orde baru.

“Menteri di era itu, lantang bicara karena di bidangnya dan sesuai kompetensinya.”

“Seorang Presiden jangan one man show akhirnya seolah-olah mengambil alih semua pekerjaan dan ini menurut saya menjadi masalah,” tandasnya.

Hal itu tak dibantah oleh Politisi PDI Perjuangan, Effendy Simbolon. Namun, ia menilai hal itu wajar karena pada awal-awal pemerintahan, para menteri lah yang lebih banyak tampil.

Terlebih sejumlah menteri berasal dari partai politik. “Jadi kalau sekarang Jokowi keluar, bukan one man show, wajar saja,” tandasnya. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.