Lakukan ini Untuk Mengurangi Risiko Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Risiko Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

JAKARTA,PenaMerdeka – Ketika terbangun dari tidur karena kaget oleh ketukan pintu atau suara alarm, terjadi perubahan kondisi tubuh secara mendadak. Keadaan ini seringkali membuat gaya gravitasi menarik paksa seluruh aliran darah menuju kaki secara langsung dan menyebabkan rasa sakit kepala saat bangun tidur.

Untuk mengurangi pusing di waktu pagi, hal penting yang harus dilakukan adalah dengan minum banyak air, ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi dan keluhan seperti lemas, pusing atau tidak bertenaga bisa teratasi sedari dini.

Dengan tetap terhidrasi di siang hari sebelumnya dipercaya dapat menghindari sakit kepala ketika bangun tidur. Bahkan jika tidak merasa haus, tubuh tetap berisiko mengalami dehidrasi. Kondisi ini terjadi jika seseorang memiliki pekerjaan yang secara fisik sangat aktif, seperti melakukan banyak olahraga atau latihan yang intens atau bekerja di luar ruangan.

Akan tetapi jangan pula lantas minum sembarang air, minumlah segelas air sebelum dan setelah bangun tidur. Hindari minuman beralkohol, terutama saat sebelum tidur.

Bila dengan melakukan beberapa hal diatas tidak berhasil menghilangkan pusing saat bangun tidur, kemungkinan terdapat kondisi medis yang menjadi penyebab kepala terasa pusing.

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari dan menentukan penyebab pusing yang sering dirasakan saat bangun tidur.

Sedangkan untuk penyebab paling umum seseorang mengalami rasa sakit kepala saat bangun tidur adalah lantaran terkejut akibat bunyi alarm tidur, dehidrasi dan akibat dari gula darah rendah. (penamas/dbs)

Click To Comments