Pagi Ini, KPK Periksa Setya Novanto Terkait Kasus E-KTP

kasus e-KTP

JAKARTA,PenaMerdeka – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan kembali pemeriksaan kepada Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto dalam dugaan korupsi kasus (e-KTP) kartu tanda penduduk berbasis elektronik.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu akan diperiksa oleh penyidik sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo (ASS), dan Direktur Utama (Dirut) PT Quadra Solutions.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan, bahwa pemanggilan Setya Novanto pada hari ini terkait penyidikan korupsi proyek pengadaan kasus ‎e-KTP. Surat pemanggilan tersebut sudah disampaikan langsung kepada Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

“Ya benar sekali untuk surat panggilan tersebut sudah kami sampaikan untuk jadwal pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka ASS,” ujar Febri, Senin (13/11/2017).

Setya Novanto merupakan tersangka ‎dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk itu, tahun anggaran 2011-2012. Novanto kembali terjerat KPK sesaat sebelumnya pernah memenangkan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kendati demikian, untuk pemeriksaan Novanto pada hari ini bukan dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus tersebut. Dia hanya akan digali untuk dimintai keterangannya sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo.

Sejauh ini, KPK akan menetapkan enam orang tersangka dalam kasus e-KTP. Enam tersangkannya yaitu, dua mantan‎ pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto, pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong, dua anggota DPR, Markus dan Setya Novanto, serta Dirut PT Quadra Solutions, Anang Sugiana Sudihardjo. (hisyam/dbs)

Disarankan
Click To Comments