Mendikbud: Pramuka di Sekolah Bisa Jadi Wahana Pendidikan Karakter

by 2017-11-14 0 comments

Pramuka di Sekolah Bisa Jadi Wahana Pendidikan Karakter

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah akan terus menggencarkan dengan adannya kegiatan pramuka di sekolah karena dinilai dapat menanamkan nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan, bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi wahana pendidikan karakter sehingga nanti kegiatan kepramukaan akan diselaraskan dengan Perpres No 87/2017 tentang PPK.

“Secara eksplisit pramuka disekolah bisa dimasukkan di situ (perpres). Kita juga akan mantapkan sistem pelatihan dan juga sistem pembentukan kepramukaannya,” ujar Muhadjir saat Kemah Penguatan Karakter (KEPAK) di Bumi Perkemahan Cibubur kemarin.

Muhadjir menjelaskan kegiatan ini tidak hanya mengajarkan siswa membuat simpul atau cinta alam. Namun, di balik itu ada nilai yang dapat ditanamkan misalnya nilai kebersamaan, tahan banting menghadapi situasi, dan tak gampang menyerah untuk mencari solusi.

Baca juga:  Mendibud Tekankan Spirit Kejayaan Bagi Masyarakat Pinggiran

Karakter merupakan cara untuk berpikir, proses mental, dan perilaku yang bisa menjadi ciri khas masing-masing individu anak. Ada juga lima nilai yang bisa diajarkan di PPK di antaranya cinta tanah air, religius, dan integritas.

“Nilai-nilai seperti ini yang harus sekali ditanamkan pada generasi zaman now karena sangat berpengaruh, dan juga Pramuka di sekolah juga harus ditingkatkan lagi,” tutur guru besar Universitas Negeri Malang ini. (redaksi)

kompetisi potret Banten

Komentari Berita Ini

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.