Pilkada Serentak, Bawaslu Banten Klaim Segera Petakan Kerawanan Pemilu

0 69

Bawaslu Banten 1

BANTEN,PenaMerdeka – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di di 4 Kabupten/ Kota di Provinsi Banten, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten bersama Bawaslu RI dan Panwaslu kabupaten/kota mulai menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

“Poin intinya memetakan pelanggaran apa saja yang rawan terjadi di daerah Panwaslu kabupaten/kota bertugas. Kita (Bawaslu) sebenarnya sedang menyusun IKP yang dirilis tiap tahun,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didih M Sudi disela-sela rapat kerja teknis penanganan pelanggaran Bawaslu Banten dan Panwaslu kabupaten/kota di salah satu Hotel Kota Serang, Jumat (16/11/2017).

Didih juga mengatakan, IKP akan dirilis Bawaslu sekitar Desember 2017 mendatang. Itu dilakukan untuk mengukur tingkat kerawan pelanggaran. Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Panwaslu kabupaten/kota yang akan menghadapi Pilkada.

Ia mengatakan, penyusunan IKP menjadi bagian penting untuk mengetahui daerah mana saja yang rawan sekaligus apa bentuk pelanggarannya, apakah soal pelanggaran administratif, kode etik atau pelanggaran pidana.

“Senin (20/11/2017) nanti Bawaslu Banten dan yang lainnya akan kumpul lagi membahas IKP, karena setiap daerah akan dipetakan,” tuturnya.

Namun, sampai saat ini dia menyebut pihaknya belum dapat memastikan pelanggaran apa dan daerah mana saja paling rawan. Karena saat ini masih dalam tahapan verifikasi.

“Yang jelas secara infrastruktur sekarang kita sudah punya 465 Panwascam yang tersebar di 155 kecamatan di Banten, sudah dilantik dan siap bekerja mengawasi pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu. Bawaslu Banten hingga ke jajaran bawah akan mensukseskan pemilu,” tandasnya. (rhn)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...