Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Waspada!! Penyandang Diabetes Hati-hati Komplikasi Kaki

0

Penyandang Diabetes Hati-hati Komplikasi Kaki

JAKARTA,PenaMerdeka – Banyak hal yang dikeluhkan para diabetes, sebutan untuk penyandang diabetes. Salah satunya masalah dengan kaki yang bisa menjadi penyebab penting dari komplikasi pada seorang yang mengidap penyakit ini.

Kondisi tersebut disebabkan karena selama bertahun-tahun, sirkulasi darah di tungkai dan kaki bisa menjadi buruk dan saraf menjadi kurang sensitif. Akibatnya, penyakit ini secara tidak sadar bisa melukai kaki mereka karena berkurangnya sensasi.

“Pasien  penyandang diabetes berisiko untuk terjadi masalah kaki lebih sering pada usia lebih dari 40 tahun, perokok, dan mengalami penurunan sensasi dan aliran darah ke kaki dan kaki, cacat anatonims atau riwayat ulkus kaki atau amputasi sebelumnya,” tutur Dr. Lily Sriwahyuni, MM, Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI.

Agar mencegah komplikasi kaki, penderita penyakit ini harus melakukan pemeriksaan secara teratur  berbagai kondisi kaki mereka. Seperti  pendarahan dan kapalan, lecet, kuku tumbuh ke dalam, kulit kering dan pecah-pecah, kemerahan, bengkak, kehangatan, nyeri pada kaki, penyembuhan lambat dari luka serta hilangnya sensasi.

“Dengan para penyandang perawatan kaki yang tepat, diperkirakan bisa sebanyak setengah dari amputasi tungkai dan kaki dapat dicegah. Selain daripada itu, pilihan yang tepat  alas kaki sangat lah penting,” tambahnya. (hisyam/dbs)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

neque. libero risus. vulputate, dapibus Phasellus suscipit mattis justo odio