Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

KPU Banten : Partisipasi Pemilih Pilkada Kota Tangerang Bisa Capai Angka 78%

0

Partisipasi Pemilih Pilkada Kota Tangerang Bisa Capai Angka 78%

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten menyatakan pada pelaksanaan pemilihan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang periode 2018-2022 nanti tingkat partisipasi pemilih Pilkada mampu mendulang angka 78%.

Hal tersebut disampaikan KPU Provinsi Banten, mereka sepakat kisaran angka 78% pemilih dapat terealisasi. Masyarakat yang sudah mengantongi hak suara dapat berduyun duyun datang ke TPS mencoblos salah satu pasangan calon.

“Ketika pemilihan Gubernur 2017 kemarin, di Kota Tangerang partisipasi pemilih pilkada mencapai 69%, dan itu sudah diatas angka rata-rata dengan perolehan 62,78% di Banten,” ujar Agus Supriatna Ketua KPU Provinsi Banten saat menghadiri lounching ‘Gerakan Saya Mencoblos’ di Lapangan Ahmad Yani, Sukarasa, Kota Tangerang, Senin (20/11).

Menurutnya, apalagi melihat penyelenggaraan pesta demokrasi di kota berjuluk Akhlakul Karimah sebelumnya, pihak KPU Banten optimis kesuksesan Pilkada 2008 bakal terulang hingga pemilihnya mencapai angka 78%.

Padahal KPU RI sendiri pada perhelatan Pilkada serentak 2018 nanti menargetkan angka parstispasi pemilih Pilkada hanya di angka 77,5%.

“Kami atas nama penyelenggara pesta demokrasi optimis akan mendulang partisipasi pemilih  seperti pada waktu pelaksanaan Pilkada tahun 2008 berjasil mendulang 78% suara,” ungkapnya.

Agus juga menambahkan, bahwa pilkada merupakan kontestasi politik lokal. Dimana, dengan Pilkada langsung bukan hanya menjadi ajang perebutan kekuasaan politik lokal semata.

Namum kata dia perhelatan ini merupakan kontestasi dimana rakyat dapat menyaksikan visi misi  dan gagasan serta ide yang disampaikan oleh para calon walikota dan wakil walikota. Sehingga menarik masyarakat dapat memilihnya.

“Jadi target patisipasi pemilih Pilkada dapat tercapai, karena masyarakat tertarik dengan janji kampanye politik yang disampaikan para calon,” tandasnya. (herman)