Kemlu AS Inginkan Palestina Tetap Buka Perwakilan di Washington

0 38
Palestina Tetap Buka Perwakilan di Washington
Kemlu AS inginkan pihaknya agar Palestine tetap membuka kantor PLO di Washington.

WASHINGTON,PenaMerdeka – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menjelaskan, pihaknya ingin Palestina tetap membuka kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington DC. Kemlu AS menjelaskan kembali, bahwa sedang ada pembicaraan dengan pihak negara tersebut untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi.

Pejabat Kemlu AS pada hari Sabtu kemarin menegaskan, di bawah undang-undang AS, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson tak bisa memperpanjang izin untuk beroperasinya kantor PLO untuk jika negara itu membuat pernyataan yang terkait dengan Pengadilan Pidana Internasional atau ICC.

Menurut undang-undang tersebut, PLO, badan politik payung utama Palestina, tak bisa mengoperasikan kantor di Washington jika mendesak ICC agar mengadili orang-orang Israel dengan tuduhan kejahatan terhadap orang-orang negara itu.

Sebelum melemparkan ancaman terhadap AS yang terkait rencana penutupan kantor PLO ini, dengan mengatakkan mereka akan siap menunda semua komunikasi dengan AS jika pemerintahan Donald Trump menutup kantor diplomatik mereka di Washington.

Perunding senior Palestina Saeb Erekat menjelaskan, keputusan AS sangat disayangkan dan tak dapat diterima. Ia menuduh Washington tunduk kepada tekanan dari pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di saat pihaknya sudah mencoba agar bekerja sama mencapai kesepakatan akhir. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...