Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Pemberdayaan Pemuda, Dispora Kota Tangerang Apresiasi Uang Pembinaan

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Tangerang memberikan penghargaan berupa uang pembinaan kepada 241 pemuda yang telah mengharumkan nama Kota Tangerang atas capaian pretasi yang telah direngkuh dari tingkat regional hingga nasional.

Pemberian penghargaan secara simbolis dilakukan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah kepada 130 atlit, 50 wasit dan asisten wasit, 50 anggota Paskibra Kota Tangerang, 10 anggota Paskibra Provinsi Banten dan satu orang delegasi perwakilan pertukaran pemuda yang dilangsungkan di Alun-alun lapangan Ahmad Yani, Rabu (29/11/2017) pekan lalu.

Kepala Dispora Kota Tangerang, Dedi suhada mengatakan, pemberian penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dan perhatian pemerintah bagi para pemuda dan atlit Kota Tangerang. Wajar kalau mereka mendapatakan uang pembinaan.

Pasalnya mereka sudah berdedikasi kepada kota berjuluk Akhlakul Karimah, mereka secara otomatis juga telah membawa nama baik serta mengharumkan Kota Tangerang.

“Dengan penghargaan ini, diharapkan bisa menjadi motivasi dan prestasi mereka lagi. Dapat meningkatkan prestasi lebih baik dari hari ini,” ujar Dedi.

Terkait dengan jumlah nominal apresiasi uang pembinaan yang diberikan Pemkot melalui Dispora Kota Tangerang menurut Dedi angkanya variatif.

“Untuk delegasi pertukaran pemuda sebesar Rp 5 Juta, Paskibra Kota Tangerang dan atlit Rp 2 Juta sedangkan untuk Paskibra Provinsi Rp 3 Juta,” terangnya.

Selain pemberian penghargaan uang pembinaan, ungkap Dedi, Dispora Kota Tangerang akan melakukan program pusat latihan (training center) dan akan menggelar uji coba try out /try in kompetisi dan peningkatan pembangunan karakter kepada atlit.

Menurut Kadis, sejumlah cabor yang nanti akan dipersiapakan untuk mengikuti kejuaraan dan pembinaan tersebut diantaranya senam, silat, karate, taekwondo, renang, panahan, volley ball, softball, wushu, sepak takraw, sepak bola, tinju, muay thai, sepatu roda, panjat tebing, anggar dan catur.

Dan langkah itu bukan saja dilakukan kepada sejumlah atlit saja, tetapi peningkatan kapasitas pelatih dan wasit atau juri juga dilakukan.

“Kedepan kita akan terus lakukan pembinaan bersama KONI dan Pengcabnya serta pembinaan baik penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan kepemudaan,”imbuhnya.

Lebih dalam kata dia, untuk pemuda dan atlit diharapkan tidak berpuas diri dengan prestasi yang telah tercapai, namun tetaplah terus berlatih supaya nama Kota Tangerang bertambah harum.

“Terus berlatih untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi, uang pembinaan ini sebagai apresiasi. Kedepan akan menjadi pemuda yang berguna bagi bangsa dan negara,” harapnya.

Sementara Agus Prasetyo, Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dispora Kota Tangerang menyebut terkait bentuk pembinaan berkelanjutan ia menyebut sudah dan akan melakukan program Pembinaan Pelatihan Atlit Pelajar Daerah ( PPLPD).

Ada sebanyak delapan cabang olah raga unggulan dengan jumlah atlit berjumlah 33 pelajar yang akan dibina. Namun demikian kata Agus Prasetyo rencananya pada Januari 2018 akan disusutkan menjadi 18 Cabor saja.

“Soal penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Banten ada sebanyak 180 atlit pelajar untuk yang akan dipersiapkan. Penyelenggaraannya akan berlangsung Mei 2018 di Kabupaten Tangerang,” tandasnya.

Seperti diketahui, bahwa Pemkot Tangerang sedang menggali potensi pemuda dan memberdayakan dari berbagai bakat dan kegiatan. Belum lama ini Pemkot juga berhasil menggondol hasil apresiasi dari Kemenpora RI sebagai Kota Layak Pemuda. mengapresiasi uang pembinaan dan training center merupakan langkah Pemkot untuk memberdayakan pemuda secara berkesinambungan. (Advetorial)