Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Buka Kesempatan Kerja, Lagi, Disnaker Kabupaten Bekasi Buka Job Fair

0

KABUPATEN BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), kembali akan membuka pameran bursa kerja (Job fair) pada 5-6 Desember 2017 mendatang di kawasan MM2100. Dikabarkan bahwa acara tersebut akan melibatkan partisifasu 30 perusahan dari daerah setempat.

“Ini bertujuan sebagai bentuk upaya mengurangi pengangguran dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja pada setiap perusahaan,” ujar Kepala Bidang Informasi Pasar Kerja Disnaker Kabupaten Bekasi, Eman Sulaeman, Minggu (3/12/2017) via telepon.

Menurut dia, dalam kegiatan Job Fair ini Pemkab Bekasi, melalui Disnaker hanya sebagai fasilitator semata. “Nantinya pencari kerja akan langsung dilakukan tes tertulis maupun wawancara oleh karyawan perusahaan,” ungkap dia.

Peran seperti ini mungkin sudah menjadi hal biasa, namun dalam pameran bursa kerja yang dilakukan oleh Pemkab Bekasi merupakan salah satu cara agar kebutuhan perusahaan untuk mencari karyawan dapat tercapai.

“Hal ini (Job Fair, red) salah satu cara supaya masyarakat di Kabupaten Bekasi akan lebih diadu secara kompetensi sesuai posisi yang dibutuhkan perusahaan,” kata Eman.

Selain itu, kebutuhan tenaga kerja ini tetap sesuai pada aturan yang menyatakan perusahaan harus lebih mengutamakan pekerja lokal daripada dari luar daerah. Dan hal itu lanjut dia, memang sudah menjadi tradisi setiap tahun ada tiga hingga lima kali pameran bursa kerja.

“Namun saat ini terbilang kecil untuk keikutsertaan perusahaan dalam pameran tenaga kerja,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Eman, dalam hal ini peran kerja Disnaker dalam membuka peluang bagi calon tenaga kerja sudah sesuai jalur yang membukanya krannya dengan gelaran Job Fair.

Pasalnya, ini sesuai data perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Dan kegiatan ini, akan berlangsung pada September 2017 dan diperkirakan lebih dari 30 perusahaan mengikutinya.

“Namun, dalam hal ini calon tenaga kerja harus membawa surat lamaran, SKCK, kartu kuning dan syarat pendukung lainnya dalam Job Fair,” pungkasnya. (ewy/ers)