Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

Pasukan Paramiliter Irak Temukan Kuburan Massal yang Berisi Anak-anak

0

BAGHDAD,PenaMerdeka – Pasukan paramiliter Irak telah menemukan dua kuburan massal yang berisi mayat sejumlah 140 warga sipil pada sebuah daerah yang menjadi rumah bagi minoritas Yazidi. Di dalamnya ditemukan jenazah wanita dan puluhan jenazah anak-anak yang banyak.

Pada tahun 2014 lalu, ISIS memang membunuh ribuan orang Yazidis di Sinjar dan menculik puluhan ribu perempuan, serta juga anak perempuan dari masyarakat untuk menyiksa mereka sebagai budak seks mereka.

Aliansi paramiliter Hashed al-Shaabi menyatakan sudah menemukan sebuah kuburan massal dengan jasad 20 wanita dan sekitar 40 anak-anak di desa Kabusi, sebelah sesudah Sinjar.

“Pada tempat lainnya, di kompleks perumahan Jazira, juga berada pada selatan Sinjar, 80 mayat lainnya, kebanyakan jasad etnis Yazidi, ditemukan,” ujar Hashed al-Shaabi, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin lalu (3/12).

Pasukan pemerintah dan pasukan paramiliter Irak sendiri sudah menemukan puluhan makam tersebut yang berisi ratusan mayat pada daerah-daerah yang berada di bawah kekuasaan ISIS.

Walikota Sinjar Mahma Khalil menegaskan, sejak tahun 2015 lalu, sekitar 40 kuburan massal sudah ditemukan pada wilayah ini dan bahwa semua korban yang ada dalam makam yang ditemukan itu adalah jasad warga Yazidi. (uki)