Tampil Beda Berani Mengupas Tuntas

40 Ribu Bidang Program PTSL Kabupaten Tangerang Diprediksi 100% Rampung Digarap

0

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Target pencapaian Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang untuk program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) menurut Eko Suwarno, Kasubag Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, diyakini akan rampung 100 % sesuai rencana.

Sebab, sebelum program tersebut berjalan, semua tahapan kegiatan pengumpulan data yang dicapai sekarang ini sudah terkoordinasi dari Bagian Pendapatan Pajak Bumi (PBB) di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang. Jadi sebelum bergerak, kita melakukan pra pelaksanaan. Meminta data jumlah bidang melalui surat keputusan (SK) penetapan lokasi.

“Setelah pengumpulan data, dan program PTSL ini sudah dapat dipetakan maka kita akan berkoordinasi, mengundang kepala desa atau sekretaris desa yang sudah ditunjuk untuk mendapat PTSL untuk bersosialisasi dan melaksanakan penyuluhan,” kata Eko ditemui PenaMerdeka, Selasa (5/12/2017).

Ia melanjutkan, pada tahun 2025, nantinya Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang rencananya akan terlibat dalam rencana sertifikasi tanah secara nasional. Semua bidang tanah masyarakat harus sudah tersertifikasi.

PTSL 2017 merupakan tahapan awalnya. Dan secara nasional di tahun 2017 ada 3 juta bidang tanah yang akan tersertifikasi. Tahun ini untuk wilayah di Kabupaten Tangerang dalam program PTSL kami mendapat target 40 ribu bidang dari 3 juta sertifikasi tanah nasional.

“Sertifikat tanah yang sudah kita terbitkan jika dipersentasikan sudah mencapai 66,1%. Atau sampai hari ini jika dikalkulasi sudah sebanyak 26 511 sertifikat yang sudah terbit dari target 40 ribu bidang tanah yang diberikan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang,” ucapnya menjelaskan.

Dan dalam pelaksanaanya ada dua tahapan yang dilakukan pihak Kantor Pertanahan. Pada tahap pertama, menurut Eko, 30 ribu bidang tanah yang sudah diselesaikan. Sedangkan tahap kedua ada sebanyak 10 ribu bidang. Target 40 ribu bidang tersebut terdapat 20 Desa dari 8 Kecamatan di Kabupaten Tangerang yang mendapat PTSL.

“Program PTSL akan ditutup pada Desember 2017. Pada penutupan buku akhir tahun harus sudah diselesaikan,” imbuhnya.

Sebenarya kata Eko, kondisi sekarang adalah kita yang mengejar masyarakat supaya ikut dalam program ini. Pasalnya dengan banyaknya target kita juga dituntut untuk memenuhi 40 bidang yang disodorkan dari pusat.

“Target program Prona kan tidak sebanyak PTSL. Waktu program Prona masyarakat yang banyak yang menjadi pemohon supaya tanahnya di sertifikatkan. Hanya saja ada sejumlah kendala, lahan atau area sawah yang masih banyak di sini, dimiliki banyak bukan dari penduduk setempat,” ujarnya.

Kita kehilangan jejak, aparat desa pun tidak banyak yang tahu soal kepemilikan lahan tersebut. Tetapi tandas Eko, pada pelaksanaan program PTSL tahun 2018 kita dan Pemkab Tangerang sudah mengantongi nama pemilik lahan atau sawah yang dimiliki orang bukan kabupaten. (redaksi/sarinan)