Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ujicoba Rampung, Tol Tangerang-Merak Bakal Gunakan Aspal Limbah Plastik

0 60

BANTEN,PenaMerdeka – PT Marga Mandalasakti bersama Balitbang Kementerian PUPR melakukan ujicoba penggunaan aspal limbah plastik. Nantinya penggunaan aspal dari campuran limbah plastik ini digunakan untuk ruas Tol Tangerang-Merak.

Ujicoba dilakukan pada Kamis (14/12/2017) lalu di Rest Area (Tempat Istirahat) dan Pelayanan (TIP), KM 43 Arah Merak sepanjang 100 m dengan lebar 15 m dan ketebalan perkerasan 5 cm diaplikasikan menggunakan 150 ton aspal dengan campuran limbah plastik sebanyak 6 persen dari total ketebalan pengaspalan.

Campuran aspal limbah plastik tersebut dari rilis yang diterima PenaMerdeka.com pada Sabtu (16/12/2017) didatangkan dari Bandung. Kegiatan ujicoba dihadiri oleh Kepala Balitbang Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga, Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga Kementerian PUPR dan mitra kerja ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Sunarto Sastrowiyoto dalam kesempatan tersebut menyebut bahwa pemanfaatan menggunakan limbah plastik pada campuran aspal ini adalah sebuah inovasi yang baik pada pengembangan jalan.

“Kami menyambut baik adanya implementasi uji coba aspal limbah plastik. Hal ini sesuai dengan triple roadmap yaitu People, Planet dan Profit,” kata Sunarto, Kamis (14/12/2017).

Pemanfaatan aspal dari limbah plastik dapat juga meningkatkan pengolahan limbah dan mengurangi sampah yang tidak terpakai.

“Ini merupakan pertama kalinya penerapan campuran aspal menggunakan limbah plastik pada jalan tol yang padat dengan kendaraan,” tambah Sunarto.

Dengan penambahan 6% limbah plastik (terhadap berat aspal) pada campuran, akan meningkatkan stabilitas sebanyak 40% dan lebih tahan terhadap deformasi serta retak lelah.

“Penerapan aspal limbah plastik dalam di Rest Area Tol Merak ini adalah kegiatan terakhir dari rangkaian uji coba di tahun 2017,” ungkapnya.

Sebelumnya kata Danis menambahkan, sudah dilakukan di Kampus Universitas Udayana di Denpasar, Jalan Sultan Agung (Pantura) Bekasi, Jalan Dakota Maros serta Jalan Gempol-Bangil.

Diharapkan pemanfaatan limbah plastik dalam campuran beraspal ini bisa menjadi satu solusi untuk upaya pelestarian lingkungan hidup di Indonesia.

Tandas Danis mengatakan. Ujicoba ini berlangsung sukses. Sebab kualitas jalan pun semakin meningkat sehingga nantinya aspal limbah plastik bisa diterapkan pada ruas jalan Tol Tangerang-Merak. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...