Zulfikar Demokrat

KPK Usut Terus Sejumlah Nama Kasus e-KTP

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan penyelidikan baru dugaan kasus (e-KTP) kartu tanda penduduk elektronik menyasar calon tersangka dari dua unsur.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan, ‎pengembangan dugaan tersebut di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2011-2013, sedang diintensifkan KPK.

Satu di antara pengembangan dugaan kasus e-KTP itu diyakni penyelidikan baru seperti disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Laode Muhamad Syarif beberapa hari lalu.

Menurutnya, konteks penyelidikan maka peristiwa pidana ditunda sampai kemudian ditemukan bukti awal yang valid. Unsur pelaku yang diusut pada tahap penyelidikan tidak ditentukan atau ditargetkan.

“Pengembangan perkara ini terkait pihak yang terlibat. Apakah penyelenggara negara (dari unsur) birokrasi, anggota DPR atau swasta masih ada nama yang sedang kita dalami‎,” jelas Febri di Jakarta.

Febri tidak menjelaskan secara detail maksud dari pernyataan Laode Muhamad Syarif bahwa target utama yang menjadi potential suspect atau calon tersangka paling ketat adalah dari unsur swasta.‎

Febri menambahkan, nama pelaku tentu akan disampaikan jika sebuah proses penyelidikan selesai dan sudah dinaikkan pada tahap penyidikan.

“Saya belum bisa bicara banyak tentang kasus e-KTP. Kalau sudah jadi, tinggal ditingkatkan pada tahap yang lebih lanjut lagi dan bisa disampaikan nanti sesudah penyidikan,” katanya mengakhiri. (riri)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

felis Curabitur dolor. quis id, commodo Donec Phasellus libero. Praesent