Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Masjid Tua di Kota Tangerang Ini Mengungkap Fakta Luar Biasa

0 118

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Boleh disebut Masjid tua, terletak di Jalan Hos Cokro Aminoto, Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Namanya Masjid Jami Al-Mubarok menurut informasi yang diperoleh dibangun pada 1906.

Namun semenjak Masjid berdiri hingga mengalami tiga kali renovasi, konon ada beberapa cerita yang menjadi perhatian. Karena di kalangan tokoh masyarakat setempat kerap memberikan pertolongan bagi para pemberi shodaqoh di Masjid Jami Al-Mubarok.

“Sudah banyak juga yang memberikan dana untuk perbaikan renovasi Masjid. Masjid tua ini dibangun tahun 1906, dan saat itu kebanyakan materialnya dari kayu,” kata Ketua DKM Masjid Jami Al-Mubarok H Marhali Asnih kepada penamerdeka.com beberapa waktu lalu.

Dikatakan Marhali, sekitar tahun 1982 ada seorang pemberi shodaqoh, ia datang dengan hanya mengendarai sepeda butut.

“Tetapi memberikan sumbangan senilai Rp15 juta. Saya sempat mengikuti beliau. Lantaran tidak enak. Akhirnya saya berputar arah ketika perjalanan sudah masuk di wilayah Gang Mencong, Cilledug,” kata H. Marhali.

Umumnya pembangunan pasti membutuhkan dana. Dan warga serta panitia pembangunan masjid saat itu sangat membutuhkan anggaran pembanguan.

Tetapi dengan kuasa Allah ada orang yang memberi tetapi kalau dilihat dari konsisi dengan bersepeda butut saja tetapi masih merelakan uangnya diamalkan untuk masjid tua ini.

Waktu berselang, kata dia sembari fokus bercerita masjid tiga jaman ini yakni ada hal yang menguntungkan pemberi shodaqoh lainnya. Saat itu ia mengaku kepada panitia pembangunan masjid sedang kesulitan menjual tanahnya.

Kebetulan saat itu dia menyumbangkan buat pembangunan Masjid. Tak lama kemudian keinginan pemberi shodaqoh untuk menjual tanahnya terealisasi.

“Dahulu tanah itu sukar dipasarkan, puluhan tahun tidak laku laku. Alhamdulillah sudah terjual tak lama dia memberikan sejumlah uang ke masjid tua ini,” ucapnya.

Kabar dari orang pendahulu pendiri rumah ibadah umat muslim ini dibangun oleh almarhum tokoh ulama setempat, yakni KH Nadji. Dia Kiayai besar di wilayah Kreo, Kota Tangerang. Dan keturunannya juga masih ada.

Cerita lain adalah gampangnya proses pengumpulan dana renovasi secara swadaya dari masyarakat sekitar dan lainnya.

Masjid yang disebutnya keramat ini berdiri di atas lahan sekitar 2500 meter ini memang terletak di perbatasan Kota Tangerang dan DKI Jakarta. Renovasi yang ke tiga kali ini sudah dimulai sejak tahun 2013. Dan target rampungnya tahun 2018 ini, karena proses pembangunannya ditargetkan lima tahun saja.

“Anggaran pembangunannya di taksir menelan anggaran lebih kurang Rp12 miliar dan kita juga tidak menyangka sejauh ini pembangunannya mencapai Rp7,5 miliar. Luar biasa,” katanya menjelaskan.

Lantai berbahan marmer untuk kebutuhan lantai Masjid Jami Al-Mubarok juga datang dari seseorang. Dan untuk disain pembangunan kita dapat secara gratis.

“Arsitektur renovasi pembangunan renovasi total Masjid tua ini sengaja tidak mengharapkan dibayar,” ungkap Marhali.

Ia juga menceritakan soal adanya peristiawa lain, saat itu ada mobil pembawa material yang dipesan panitia masjid. Tak lama sampai kami melarang supaya tidak memarkir kendaraan sembarangan karena mengganggu pengguna jalan yang lain.

“Tiba tiba saja ada dahan dan material kayu yang cukup besar menimpa mobil tersebut setelah kita sempat melarang parkir sembarangan,” katanya menjelaskan.

Dari cerita yang ada, hingga segala pembelian kebutuhan masjid seperti alat sound sistem dan lainnya dimudahkan yang kuasa Allah Swt, tetapi sejatinya setiap beribadah dan shodaqoh memang harus ikhlas dijalankan.

Masjid tiga lantai ini memang tempat keramat untuk ibadah jangan sembarangan. Kendati dibangunnya sudah melewati jaman penjajahan dan pasca kemerdekaan.

“Terbilang masjid tua, setelah melewati jaman orde baru dan lama tetapi jaman G/30/S-PKI 1965 serta feformasi 98 pun sudah dilewati juga,” tandasnya. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...